PENGARUH KANTONG HITUNG TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS 1 DI SDN KARANGSARI 01 KABUPATEN BREBES

Hanny Hanafiah Yuniati, (2022) PENGARUH KANTONG HITUNG TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS 1 DI SDN KARANGSARI 01 KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu permasalahan yang diketahui dari studi pendahuluan yang mana permasalahannya mengenai minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika seperti kurang bersemangat dalam belajar. Penelitian ini mengangkat tentang media kantong hitung dalam pembelajaran matematika terhadap Minat Belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kantong hitung terhadap minat belajar isiswa pada mat pelajaran matematika di kelas 1 SDN Karangsari 01 Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar matematika pada siswa kelas I di SD Negeri Karangsari 01 Kabupaten Brebes, metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, menurut Paul Suporno (2007:77) mengatakan bahwa secara umum metode eksperimen merupakan suatu metode mengajar yang mengajak siswa melakukan percobaan sebagai pembuktian, pengecekan bahwa teori yang sudah dipelajari itu memang benar. Dalam artian lain siswa dituntut untuk mencoba memperagakan media kantong hitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SDN Karangsari 01 Kabupaten Brebes. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 32 siswa. Variable bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media kantong hitung, sementara variable terikatnya yaitu minat belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil angket minat siswa di kelas I SDN Karangsari 01 Kabupaten Brebes menggunakan media kantong hitung mendapatkan nilai yang baik yaitu 96,9%. Hasil analisis dapat dilihat bahwa Media Kantong Hitung memiliki pengaruh positif terhadap Minat Belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 6,164 > 1.697. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian Terdapat pengaruh Minat belajarterhadap minat belajar siswa di kelas I SDN Karangsari 01 Kabupaten Brebes.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media kantong hitung, minat belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 00:54
Last Modified: 20 Jan 2023 00:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9330

Actions (login required)

View Item View Item