Pengaruh Program Full Day School Terhadap Tingkat Stres Siswa Kelas 5 MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Kabupaten Cirebon

Pitriani, (2022) Pengaruh Program Full Day School Terhadap Tingkat Stres Siswa Kelas 5 MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini menemukan bahwa sebagai besar siswa kelas 5 di sekolah MI Al-Washliyah Perbutulan yang memiliki ciri�ciri yaitu dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB, hal itu terlihat dari proses pembelajaran yang memuat 1 jam pelajaran dengan dua mata pembelajaran, selain itu sistem pembiasaan dimulai pada pukul 07.00 WIB dan pukul 12.00 WIB. Pembiasaan tersebut membuat siswa kurang jam isirahat siang. Sehingga pembelajaran yang padat membuat siswa kurang fokus dan sulit konsentrasi, cepat bosan dan jenuh dalam belajar, dan berdampak kelelahan fisik. Program full day school adalah model yang menggabungkan sistem pengajaran Islam dengan menyediakan tambahan waktu khusus untuk pendalaman keagamaan siswa. Sekolah ini dimulai pada 07.00- 15.30 WIB. Stress akademik merupakan ketegangan emosional yang dirasakan oleh siswa dalam mengatasi tuntutan akademik yang berdampak dalam kesehatan. Ketika siswa stress, maka siswa akan mempengaruhi kondisi baik gejala secara fisik yaitu siswa mengalami kelelahan, gejala perilaku atau psikis yaitu siswa mengalami mudah lupa. Peneli tian ini bertujuan : (1) Untuk memperoleh data perihal program full day school MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Kabupaten Cirebon. (2) Untuk memperoleh data perihal tingkat stress siswa di kelas 5 MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Kabupaten Cirebon. (3) Untuk memperoleh data perihal seberapa besar pengaruh program full day school terhadap tingkat stress siswa kelas 5 MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Variabel yang dikaji adalah program full day school dan tingkat stres. Desain penelitian ini menggunakan ex�post facto. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup yang digunakan untuk mengetahui program full day school dan tingkat stres akademik pada siswa kelas 5 MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Uji validitas menggunakan rumus pearson correlation. Sedangkan untuk uji reabilitas menggunakan rumus Alpha. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, (1) program full day school siswa kelas 5 berkategori tidak baik 31,3%. (2) tingkat stres akademik berkategorikan tinggi 76,1%. Dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara program full day school dan tingkat stres akademik siswa kelas 5 MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon . hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung>t tabel (0,382 >0,380). Dengan demikian, dapat diartikan bahwa program full day school berpengaruh terhadap tingkat stres akademik siswa, sehingga tingkat stres akademik siswa terjadi karena adanya program full day school yang tidak baik serta Faktor yang dapat mempengaruhi stres akademik, yaitu (1) Faktor intenal stres akademik : Pola pikir, Kepribadian , Keyakinan. (2) Faktor eksternal stres akademik : Pelajaran lebih padat, Tekanan untuk berprestasi tinggi, Dorongan status sosial, Orangtua saling berlomba.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Program full day school, Tingkat stres
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:26
Last Modified: 20 Jan 2023 01:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9335

Actions (login required)

View Item View Item