PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUL HIKMAH FULL DAY SCHOOL KOTA CIREBON

Maulidha Fitriyah, (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUL HIKMAH FULL DAY SCHOOL KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendah nya motivasi belajar siswa Hal ini dikarenakan siswa disana lebih suka berdiskusi tentang gadget (media sosial dan game online) saat pembelajaran berlangsung. Dengan terus membahas gadget, siswa tidak akan fokus belajar dan tidak bersemangat dalam belajar. Maka dari itu gadget merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penggunaan gadget siswa kelas 5 di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon 2) motivasi belajar siswa kelas 5 di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon 3) pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon Osa Kurniawan Ilham (2011), gadget adalah perangkat mekanik mini menarik yang dapat memberikan banyak kepuasan bagi penggunanya walaupun sebenarnya tidak dalam penggunaannya Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto karena adanya rangkaian variabel bebas yang terjadi sebelum penelitian dilakukan. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Hikmah Full Day School sebanyak 23 siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear, dan hasil perhitungan statistik dengan bantuan program IBM SPSS statistics 16.0 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) artinya bahwa ada pengaruh antara penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas V MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. Adapun hasil dari uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon adalah sebesar 26,7% yang berpengaruh positif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:50
Last Modified: 20 Jan 2023 01:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9339

Actions (login required)

View Item View Item