Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Organisasi Pengelolaan Zakat (Baznas Kabupaten Indramayu)

Desih Dinningthias, (2022) Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Organisasi Pengelolaan Zakat (Baznas Kabupaten Indramayu). Bachelor thesis, S1 Akuntansi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1808205066_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808205066_2_bab1.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808205066_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808205066_7_dafpus.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga, dan menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Untuk memudahkan pembayaran dan penyaluran dana zakat, pemerintah membentuk Organisasi Pengelola Zakat yaitu Lembaga Amil Zakat dan Badan Amil Zakat Nasional. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap organisasi pengelola zakat dibutuhkan tata kelola organisasi yang baik, yaitu terciptanya pengelola yang transparan, akuntabel, dan birokratif. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan muzakki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data yang diperoleh merupakan data primer dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah muzakki di Kab Indramyu. Jumlah sampel 96 responden dengan tingkat kepercayaan 95%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data dianalisis menggunakan program IBM SPSS 25. Adapun hasil dari penelitian ini adalah variabel akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki hal ini dibuktikan nilai thitung sebesar 4, 953 >1, 660 (ttabel) nilai signifikannya 0, 000 < 0, 05, variabel transparansi dinyatakan positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki hal ini dibuktikan nilai thitung sebesar 3, 129 > 1, 660 (ttabel) nilai signifikannya 0, 002 < 0, 05, variabel kualitas pelayanan dinyatakan positif signifikan terhadap kepercayaan muzakki hal ini dibuktikan thitung sebesar 3, 968 > 1, 660 (ttabel) nilai signifikannya 0, 000 < 0, 05, dan akuntabilitas,trasparansi, kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 146,094> 2, 70 signifikan 0,000< 0, 05.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, Kualitas Pelayanan, Minat, Muzakki
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:17
Last Modified: 06 Feb 2023 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9488

Actions (login required)

View Item View Item