Diana Magfiroh, (2022) PENGARUH ISLAMIC BRANDING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABLE INTERVENING STUDI KASUS: BSI KC CIREBON SILIWANGI. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (372kB) | Preview |
Abstract
Adanya bank syariah Indonesia ditujukan untuk memenui kebutuhan masyarakat dalam pelayanan keuangan berbasis syariah. Bank syariah terbesar di Indonesia saat ini adalah bank syariah Indonesia (BSI). Kantor cabag BSI yang paling dekat dengan pusat kota adalah BSI KC Siliwangi. Keberadaan BSI diharap mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi nasabahnya. BSI merupakan hasil marger dari 3 bank syariah BUMN yaitu BSM, BNIS, dan BRIS. Setelah dilakukannya marger tentu banyak perubahan yang dirasakan oleh nasabah, karena itu penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat loyalitas nasabah yang telah memigrasikan rekeningnya menjadi BSI. Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Islamic branding dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah di BSI KC Cirebon Siliwangi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin dengan metode purposif sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis path dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan uji t (secara persial) Islamic branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Islamic branding mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah yang dimediasi oleh kepuasan nasabah pada nasabah BSI KC Cirebon Siliwangi Cirebon. Berdasarkan perhitungan uji f (Secara simultan) kepuasan nasabah dan islamic branding terhadap loyalitas nasabah memiliki nilai fhitung lebih besar dari ftabel (21.820 > 3,94) dan nilai signifikansi 0,000 <0,05. Yang berarti, variabel Islamic branding dan kepuasan nasabah mempengaruhi loyalitas nasabah secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islamic Branding, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah, Bank Syariah Indonesia (BSI) |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9539 |
Actions (login required)
View Item |