PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAGING AYAM DI PASAR CIPEUJEUH

Muhammad Faiz, (2022) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAGING AYAM DI PASAR CIPEUJEUH. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1708203047_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203047_2_bab1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203047_6_bab5.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708203047_7_dafpus.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan pembeli dipengaruhi kemampuan perusahaan menarik pembeli, dan selain itu juga dipengaruhi faktor-faktor diluar perusahaan. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Istilah keputusan pembelian dapat diartikan sebagai perilaku konsumen yang bertujuan untuk menentukan proses pengembangan keputusan dalam membeli suatu barang dan jasa yang ditawarkan tersebut. Faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen antara lain adalah salah satunya faktor harga dan kualitas produk. Harga salah satu faktor penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang atau jasa, dimana menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan. Hal ini didukung juga dengan kualitas produk yang dimana merupakan nilai utama yang diharapkan oleh konsumen saat produk atau jasa tersebut dibeli dari produsen yang memiliki kualitas produk dan jasa yang tinggi. kualitas produk yang semakin baik akan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Accidental yaitu Teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian uji parsial menunjukan bahwa variabel harga diperoleh nilai thitung (0,191) < ttabel (1,660) dan Sighitung (0,849) > 0,05 yang artinya variabel harga secara parsial tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian daging ayam dan variabel kualitas produk diperoleh nilai thitung (6,718) > ttabel (1,660) dan Sighitung (0,00) < 0,05 maka yang artinya variabel kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian daging ayam. Hasil uji simultan menunjukan nilai Fhitung (26,116) > nilai Ftabel (3,09) dan Sighitung (0,000) < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa variabel harga dan kualitas produk secara simultan mempengaruhi variabel keputusan pembelian. Dan dilihat dari nilai Koefisisen Determinasi (R2 ) sebesar 0,350 atau 35%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pengaruh harga dan kualitas produk secara simultan mempengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 35% dan sisanya 65% dipengaruhi oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:36
Last Modified: 17 Feb 2023 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item View Item