EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING/ E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SANTRI MA‟HAD AL-JAMI‟AH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Muhamad Nasrullah, (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING/ E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SANTRI MA‟HAD AL-JAMI‟AH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh problem pembelajaran yang semula dilakukan secara luring selama dua bulan, berubah menjadi pembelajaran berbasis daring/ e�learning. Mengingat keadaan yang mengharuskan sistem pendidikan dilakukan secara daring/e-learning, dengan terbatasnya jarak antara pengajar dan peserta didik. Maka perlu diketahui seberapa efektifkah pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis daring/ e-learning terhadap disiplin dan prestasi belajar santri. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang efektifitas penerapan pembelajaran berbasis daring/ E-Learning dalam Meningkatkan disiplin santri, Untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang efektifitas penerapan pembelajaran berbasis daring/ E-Learning dalam Meningkatkan prestasi belajar santri, Untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan disiplin santri dan prestasi belajar santri sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berbasis daring/E-Learning. Kerangka pemikiran yang dilakukan pada peneitian ini meliputi (1) Pembelajaran yang efektif; (2) Pembelajaran daring/ E-learning ; (3) Teknologi komunikasi dan informasi; (4) Pelaksanaan; (5) Disiplin belajar ; dan (6) Prestasi belajar santri ketika pembelajaran luring dan daring. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, nilai dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji paired samples test, dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian ini yakni Pada data disiplin santri sebelum penerapan pembelajaran berbasis daring/e-learning sebesar 89,16 menjadi 69,06. dan untuk data prestasi belajar sebelum pembelajaran daring/e-learning 89 kemudian menjadi 88,3 Ini berarti kondisi disiplin dan prestasi belajar santri setelah penerapan pembelajaran berbasis daring/ e-learning menurun menjadi berkategori baik. kemudian dilakukan uji Wilcoxon yakni disiplin santri 0,262 lebih besar dari 0,05 dan pada data prestasi belajar santri 0,241 lebih besar dari 0,05 sehingga disiplin santri tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Disiplin, Drestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:41
Last Modified: 21 Feb 2023 03:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9854

Actions (login required)

View Item View Item