Muhamad Nasrullah, (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING/ E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SANTRI MA‟HAD AL-JAMI‟AH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh problem pembelajaran yang semula dilakukan secara luring selama dua bulan, berubah menjadi pembelajaran berbasis daring/ e�learning. Mengingat keadaan yang mengharuskan sistem pendidikan dilakukan secara daring/e-learning, dengan terbatasnya jarak antara pengajar dan peserta didik. Maka perlu diketahui seberapa efektifkah pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis daring/ e-learning terhadap disiplin dan prestasi belajar santri. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang efektifitas penerapan pembelajaran berbasis daring/ E-Learning dalam Meningkatkan disiplin santri, Untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang efektifitas penerapan pembelajaran berbasis daring/ E-Learning dalam Meningkatkan prestasi belajar santri, Untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan disiplin santri dan prestasi belajar santri sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berbasis daring/E-Learning. Kerangka pemikiran yang dilakukan pada peneitian ini meliputi (1) Pembelajaran yang efektif; (2) Pembelajaran daring/ E-learning ; (3) Teknologi komunikasi dan informasi; (4) Pelaksanaan; (5) Disiplin belajar ; dan (6) Prestasi belajar santri ketika pembelajaran luring dan daring. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, nilai dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji paired samples test, dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian ini yakni Pada data disiplin santri sebelum penerapan pembelajaran berbasis daring/e-learning sebesar 89,16 menjadi 69,06. dan untuk data prestasi belajar sebelum pembelajaran daring/e-learning 89 kemudian menjadi 88,3 Ini berarti kondisi disiplin dan prestasi belajar santri setelah penerapan pembelajaran berbasis daring/ e-learning menurun menjadi berkategori baik. kemudian dilakukan uji Wilcoxon yakni disiplin santri 0,262 lebih besar dari 0,05 dan pada data prestasi belajar santri 0,241 lebih besar dari 0,05 sehingga disiplin santri tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, Disiplin, Drestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 03:41 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9854 |
Actions (login required)
View Item |