STANDAR PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENCEGAH KECANDUAN GADGET SISWA SMK BUDI TRESNA MUHAMMADIYAH KABUPATEN CIREBON

Chafid Sefriyadi, (2022) STANDAR PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENCEGAH KECANDUAN GADGET SISWA SMK BUDI TRESNA MUHAMMADIYAH KABUPATEN CIREBON. Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
0 cover dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Bab 1.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab 5.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar pustaka.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan gadget di kalangan peserta didik, penggunaan gadget mengarah pada kecanduan, indikasinya banyaknya peserta didik yang bermain game dan update status menggunakan smarphone. Standar proses Pendidikan Agama Islam diupayakan dapat mencegah kecanduan gadget dikalangan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan standar proses dalam pembelajaran PAI di SMK Budi Tresna Muhammadiyah Kabupaten Cirebon; (2) Menganilisi fenomena atau gejala kecanduan Gadget siswa di SMK Budi Tresna Muhammadiyah Kabupaten Cirebon; (3) Menganalisis upaya yang dilakukan SMK Budi Tresna Muhammadiyah Kabupaten Cirebon dalam mencegah kecanduan siswa melalui standar proses dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi standar proses pendidikan, pendidikan agama Islam, dan kecanduan. Hasil Penelitian (1) Standar proses pada pembelajaran PAI di SMK Budi Tresna Muhammadiyah dimulai dari: Pertama Perencanaan proses pembelajaran mengacu pada silabus yang kemudian dikembangkan sendiri berdasarkan kebutuhan pembelajaran; Kedua, Pelaksanaan poses pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; Ketiga, Penilian hasil pembelajaran untuk mendapatkan gambaran perkembangan peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar yang telah direncanakan dalam RPP. (2) Fenomena kecanduan gadget siswa SMK Budi Tresna, hal ini ditandai dengan : Pertama, Membawa Gadget Ke Sekolah; Kedua, Tidak Mengenal Waktu dalam Mengenal Gadget; Ketiga Cemas Apabila Tidak Menggunakan Gadget; Empat, Cepat Puas Dengan Pengetahuan yang Diperoleh (3) Upaya yang dilakukan SMK Budi Tresna Muhammadiyah dalam mencegah kecanduan gadget siswa melalui standar proses dalam pembelajaran PAI meliputi: Pertama, Dalam perencanaan proses yaitu dalam dokomen rencana pelaksanaan pembelajaran; Kedua, Pada proses pelaksanaan dengan menggunakan komponen-komponen pembelajaran dalam tatanan praktik yaitu (a) tujuan pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik , (b) materi pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai penggunaan gadget, (c) metode pembelajaran yang berbasis pada keteladanan, pembinaan dan pembisaan, (d) media pembelajaran berbasis audiovisual dan komputer; Ketiga, Pada proses penilaian yaitu evaluasi pembelajaran berbasis tes, pengamatan dan pendekatan sistem dengan menggunakan CIPP, yaitu context, input, process, product.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Standar Proses Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Kecanduan, Gadget
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9868

Actions (login required)

View Item View Item