Analisis Interaksi Verbal Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Online Di SMA Negeri 1 Losarang

Tarmani, (2021) Analisis Interaksi Verbal Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Online Di SMA Negeri 1 Losarang. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Interaksi Verbal adalah dapat diartikan sebagai proses komunikasi secara timbal balik yang terjadi anatara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi yang dilakukan secara lisan dengan tujuan tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis interaksi verbal siswa dalam pembelajaran online pada materi sistem reproduksi manusia berdasarkan VICS. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemetaan interaksi verbal menurut Sistem Interaksi Kategori Verbal (VICS) pertemuan pertama pemunculan frekuensi yang lebih dominan adalah daerah P dan daerah K dengan masing-masing memiliki frekuensi 40%. Sedangkan pada pertemuan kedua pemunculan frekuensi yang lebih dominan adalah daerah P sebesar 58,33%. Daerah P adalah daerah yang menggambarkan siswa mengambil inisiatif untuk mengajukan pendapat atau bertanya kepada guru. Daerah K adalah daerah yang menggambarkan siswa memberi jawaban-jawaban respons terhadap pertanyaan-pertanyaan atau informasi guru. Upaya optimalisasi dalam pembelajaran online yaitu guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merujuk pada silabus sekolah. Guru memberikan stimulus dan mengarahkan siswa untuk bertanya dan berpendapat pada saat pembelajaran. Guru memberikan tugas merangkum materi dan dikumpulkan di E-Learning atau website sekolah. Ketepatan konsep pada materi sistem reproduksi dalam interaksi guru dengan siswa pertemuan pertama sebesar 46,7% untuk kategori Ya yang berarti sesuai dengan buku acuan. Sedangkan untuk kategori Tidak sebesar 26,7% yang berarti tidak sesuai dengan buku acuan. Dalam menganalisis ketepatan konsep berdasarkan VICS didapatkan dari transkrip video yang sudah diperhalus sebelum di kodekan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:36
Last Modified: 26 Jul 2022 05:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item