Vani Pazriyani, (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA COVID-19. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (961kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peran orang tua dalam memberikan motivasi dan disiplin belajar anak pembelajaran matematika di SMPN 1 Plered Cirebon di era pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui peran orang tua dalam memberikan motivasi belaar pelajaran matematika anak di era covid-19 2) Mengetahui peran orang tua dalam memberikan disiplin belajar pelajaran matematika anak di era covid-19 3) Mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung bagi orang tua dalam menjalankan perannya memberikan motivasi dan disiplin belajar pelajaran matematika anak di era covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 6 dari 10 orang tua memberikan motivasi secara langsung kepada anaknya dan 4 lainnya mengatakan tidak dapat memberikan motivasi secara langsung, begitupun juga dengan disiplin belajar berdasarkan hasil penelitian diketahhui bahwa 6 orang tua menerapkan disiplin demokratis kepada anak dan 4 .orang tua yang lain mengnerapkan disiplin otoritarian sedangkan faktor pendukng bagi orang tua dalam memberikan motivasi dan disiplin belajar matematika anak selama covid-19 diantaranya 4 orang tua mengatakan handphone, 3 orang tua yang lain mengatakn pemberian paket data internet dari pemerintah dan 3 orang yang lain mengatakan buku paket vmenjadi factor pendukungnya sementara itu faktor penghambat yang dirasakan orang tua dala memberikan motivasi dan disiplin belajar matematika anak .di era covid-19 antara lain 6 orang tua mengatakan karena masalah perekonomian, 2 orang lain mengatakan karena anak yang kesulitan dalam memahami materi dan 2 orang lain mengatakn karena anak yang menunda untuk mengerjakan tugas selama daring. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu peran orang tua dalam pembelajaran matematika daring selama pandemi, peranan orang tua yang diteliti mencakup 4 indikator yaitu membimbing, mengawasi, motivator dan menjadi fasilitator dalam pembelajaran, sikap orang tua dalam mendisiplin belajarkan anak dalam mentaati peraturan belajar dan kesadaran diri, orang tua dalam penelitian ini adalah sepuluh orang tua siswa SMP N 1 Plered kelas VIII A SMPN 1 Plered. Manfaat penelitian ini dapat mengetahui peran motivasi dan disiplin belajar pelajaran matematika kepada anak selama masa pandemi covid-19.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran orang tua, Motivasi, Disiplin belajar, Pelajaran matematika, Pandemi covid-19. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 04:16 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 04:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8890 |
Actions (login required)
View Item |