Syifa Nur Umayah, (2023) Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Mengaji Pada Anak Di Desa Sukamaju Kecamatan Cibingbin. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.
|
Text
1908306125_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908306125_2_bab1.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
1908306125_6_bab5.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
1908306125_7_dafpus.pdf Download (744kB) | Preview |
Abstract
Dari pengamatan 1 dan 2 orang ternyata ada orang tua yang membebaskan anaknya begitu saja dan adapula orang tua yang bersikap sesuatu sesuai kehendaknya, akan tetapi ada juga orang tua yang memberikan perhatian lebih serta memenuhi kebutuhan anaknya, memberi kebebasan disertai rasa tanggungjawab yang tinggi. Pada saat kegiatan mengaji dilakukan di musolah Al-Hidayah dari penglihatan peneliti ketika kegiatan mengaji berlangsung ternyata ada anak yang kurang bersemangat pada saat mengaji seperti datang terlambat, tidak berkonsentrasi pada saat mengaji, malu untuk bertanya, tidak dapat menjawab pertanyaan, dan anak yang tidak melakukan deres ngaji dirumah. Akan tetapi ada pula anak yang memiliki semangat yang tinggi seperti datang tepat waktu, fokus dan bersungguh-sungguh pada saat mengaji, sering bertanya, dapat menjawab pertanyaan, dan sering melakukan deres ngaji al-qur’an ketika dirumah. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan dan mengidentifikasi motivasi belajar mengaji yang dimiliki anak, peran pola asuh orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar mengaji anak di Desa Sukamaju Kecamatan Cibingbin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta pendekatan deskriptif. Dalam penentuan sumber data menggunakan sumber data primer serta sumber data sekunder. Kemudian terkait teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya, pertama, pola asuh orang tua menggunakan pengasuhan demokratis, otoritatif, dan permasif. Kedua, motivasi belajar mengaji yang dimiliki anak di Desa Sukamaju Kecamatan Cibingbin sangat bervariatif, terdapat motivasi belajar mengaji yang dimiliki anak yang sangat baik sampai dengan cukup baik. Ketiga, pola asuh demokratis berperan sangat baik dalam menumbuhkan motivasi belajar mengaji pada anak, adapun pola asuh otoritarian berperan baik dalam menumbuhkan motivasi belajar mengaji pada anak akan tetapi memiliki dampak negatif seperti anak kurang memiliki sikap mandiri dan kurang memiliki sikap mempertahankan pendapatnya, sedangkan pola asuh permasif akan berperan kurang baik dalam menumbuhkan motivasi belajar mengaji pada anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Motivasi Belajar, Mengaji |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 09 May 2023 00:46 |
Last Modified: | 09 May 2023 00:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10190 |
Actions (login required)
View Item |