Pengaruh Terpaan Tayangan Horor Terhadap Tingkat Kepercayaan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Tentang Hal Mistis (Studi Kasus Channel Youtube Sara Wijayanto)

Nada Musfikin Muslimin, (2023) Pengaruh Terpaan Tayangan Horor Terhadap Tingkat Kepercayaan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Tentang Hal Mistis (Studi Kasus Channel Youtube Sara Wijayanto). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1708302016_1_cover.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302016_2_bab1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302016_6_bab5.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302016_7_dafpus.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Masyarakat di era post modern telah mengesampingkan pengetahuan yang tidak rasional. Tetapi hal itu tidak menjadikan hal-hal mistis hilang begitu saja karena kita hidup berdampingan dengan masyarakat non modern yang masih kental akan adat, budaya dan kepercayaan mistisme. Akibatnya adalah banyak masyarakat modern yang tidak paham dengan peristiwa mistis yang sebenarnya. Dari pembahasan tersebut munculah pertannyaan penelitian, diantaranya; 1) Adakah pengaruh yang signifikan dari terpaan tayangan horor channel Youtube Sara Wijayanto terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa KPI angkatan 2021 tentang hal mistis?, 2) Seberapa besar pengaruh yang signifikan dari terpaan tayangan horor channel Youtube Sara Wijayanto dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan mahasiswa KPI angkatan 2021 tentang hal mistis?, kemudian 3) Bagaimana pengaruh terpaan tayangan horor channel Youtube Sara Wijayanto terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa KPI angkatan 2021 akan hal mistis? Tujuan dari penelitian sebagai berikut; 1) Untuk mengetahui apakah terpaan tayangan horor channel Youtube Sara Wijayanto berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa KPI angkatan 2021 tentang hal mistis, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan tayangan horor channel Youtube Sara Wijayanto terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa KPI angkatan 2021 tentang hal mistis, 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan tayangan horor channel Youtube Sara Wijayanto terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa KPI angkatan 2021 akan hal mistis. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, primer dan sekunder, metode penelitian ini mengunakan kuantitatif jenis inferensial atau probabilitas, dengan pendekatan penelitian berupa survey. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Adapun untuk analisis datanya yaitu menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, regresi linear sederhana, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada terpaan tayangan horor terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa KPI angkatan 2021 tentang hal mistis sebesar 25,3% dengan derajat hubungan korelasi sedang, serta pengaruh variabel x terhadap variabel y adalah positif. Uji hipotesis pada nilai t hitung sebesar 6,480. Nilai tersebut lebih besar dari t tabel 1,679. Pada nilai signifikansi sebesar 0,001, nilai ini lebih kecil dari alpha 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel terpaan tayangan horor terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2021 tentang hal mistis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Youtube, Mistis, Terpaan Media
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 May 2023 07:08
Last Modified: 15 May 2023 07:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item