Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Pembiayaan terhadap Kepuasan Anggota (Studi Kasus Anggota KPRI Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Dena Amelia, (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Pembiayaan terhadap Kepuasan Anggota (Studi Kasus Anggota KPRI Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203023_1_cover.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203023_2_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203023_6_bab5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203023_7_dafpus.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Dena Amelia, 1908203023, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Pembiayaan terhadap Kepuasan Anggota (Studi Kasus Anggota KPRI Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon)”, 2022 Koperasi yaitu badan usaha yang merupakan unsur penting dalam pembangunan ekonomi guna mewujudkan kesejahteraan anggotanya. Kualitas pelayanan adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka memenuhi harapan para anggotanya. Kualitas pelayanan sangat penting bagi suatu perusahaan untuk mengetahui apakah anggota puas atau tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk pembiayaan terhadap kepuasan anggota. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu suatu keadaan yang sebenarnya sedang terjadi pada saat ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 1,260 dengan nilai signifikan sebesar 0,211. Secara statistik menunjukkan bahwa hasil dari thitung lebih kecil dari ttabel yaitu sebesar 1,663 (df = n-k / df = 85-2 = 83). Maka keputusannya yaitu Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota serta terdapat presentase pengaruh individual antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota sebesar 0,60%. 2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota. Hal ini dapat dilihat dari thitung sebesar 3,186 dengan nilai signifikan sebesar 0,002. Secara statistik menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 1,663 (df = n-k / df = 85-2 = 83) artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota serta terdapat presentase pengaruh individual antara kualitas produk dan kepuasan anggota sebesar 18,8 %. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualiats pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan anggota. Hal ini dapat dilihat dari fhitung lebih besar dari ftabel dan nilai R squere atau koefisien determinasi sebesar 0,249 atau sama dengan 2,49%. Kata kunci; Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Anggota

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:58
Last Modified: 27 Jun 2023 06:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10727

Actions (login required)

View Item View Item