TUTY LUTHFIYAH, (2022) PENGARUH MATA KULIAH ENTREPRENEURSHIP TERHADAP MINAT KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA TEDRIS MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1415105129_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1415105129_2_bab1.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
1415105129_6_bab5.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
1415105129_7_dafpus.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Mata kuliah entrepreneurship proses menyediakan konsep dan ketrampilan untuk mengembangkan wawasan, pola pikir serta potensi dan membentuk kemandirian, berani mengambil resiko, mampu mencari peluang serta menemukan solusi dan pantang menyerah sehingga ia siap untuk hidup ditengah-tengah masyarakat serta mampu mengaktualisasikan sikap tersebut kedalam dunia usaha. Perkuliahan melalui teori dan praktek. Pendidikan kewirausahaan diberikan kepada mahasiswa bertujuan agar mereka memiliki bekal untuk menciptakan usaha. Minat kewirausahaan adalah kecenderungan hati untuk menyalurkan perhatian dengan rasa senang dan penuh semangat kepada sesuatu kegiatan yang dirasa bermanfaat bagi dirinya. Kewirausahaan adalah kemampuan mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi kehidupan dengan mengoptimalkan segala sumber daya yang ada untuk mencari peluang menuju sukses, menghasilkan nilai tambah, memberi manfaat, pengambilan resiko, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya berguna bagi orang lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah mata kuliah entrepreneurship mempengaruhi minat kewirausahaan mahasiswa tadris matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Adapun hipotesis yang peneliti ajukan yaiytu ada pengaruh mata kuliah entrepreneurshhip terhadap inat kewirausahaan mahasiswa tadris matematiaka IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tadris matematika semester VIII yang telah mengikuti mata kuliah entrepreneurship pada semester sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh Fhitung sebesar 0,855 sedangkan F tabel 2,115223 (F hitung < F tabel) artinya hipotesis dapat diterima. Begitu juga dengan t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,613 > 1,199897 dengan taraf signifikan 5%. Adapun besar prosentase pengaruhnya dilihat dari koefisien determinasi yang nilainya sebesar 0,256 atau 25,6%. Jadi sebesar 25,6% variabel minat kewirausahaan dipengaruhi oleh variabel mata kuliah entrepreneurship.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:19 |
Last Modified: | 26 Nov 2023 12:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10927 |
Actions (login required)
View Item |