IMELDA SETIANI, (2022) DESAIN DIDAKTIS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1415105048_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1415105048_2_bab1.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
1415105048_6_bab5.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
1415105048_7_dafpus.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi learning obstacle siswa pada barisan bilangan terutama pada konsep barisan dan deret aritmatika dan mengatasinya dengan mengembangkan desain pembelajaran matematika konsep barisan dan deret aritmatika yang berbasis problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam mempelajari materi barisan dan deret aritmatika berdasarkan learning trajectory, mengetahui leraning obstacle yang dialami siswa dalam mempelajari materi barisan dan deret aritmatika, dan mengetahui hasil desain didaktis awal berbasis problem based learning siswa. Penelitian ini dilakukan di MA kelas XI yang telah menerima materi barisan dan deret aritmatika untuk mengetahui learning obstacle yang dialami siswa. Metode penelitian yang digunakan didactical design research (DDR) yang menggunakan tiga tahapan yaitu : analisis prospektif, analisis metapedadidaktis, dan analisis retrospektif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini diawali dengan wawancara kepada guru matematika yang menyatakan bahwa, Siswa kesulitan memahami pengoperasian pada barisan dan deret, Siswa kesulitan menyelesaikan soal dalam bentuk cerita yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika. Sehingga hasil penelitian ditemukan learning trajectory pada aktifitas belajar siswa, hasil tes mendapatkan learning obstacle yang dialalmi siswa, dan peneliti dapat menyusun desain didaktis awal yang disesuaikan dengan learning obstacle siswa dan situasi pembelajaran siswa. Dari hasil analisis uji learning obstacle siswa preimplikasi dapat terminimalisir dengan dibuatnya desain didaktis hipotesis awal. Desain didaktis hipotesis ini di implementasikan kepada kelas X sebagai kelas implementasi yang belum pernah mendapatkan materi barisan dan deret aritmatika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:29 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10932 |
Actions (login required)
View Item |