PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA DI SMP

DENI MELAH, (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA DI SMP. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105064_1_cover.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105064_2_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105064_6_bab5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105064_7_dafpus.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kepercayaan diri guru dalam mengajar terutama berbasis teknologi. Pada sisi lain guru-guru dituntut memiliki kemampuan atau kompetensi keguruan yang baik, salah satunya kompetensi pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap literasi matematika siswa di SMP. Maka tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kompetensi Pedagogik Guru di SMP 2) untuk mengetahui Literasi Matematika Siswa di Smp 3) untuk mengetahui pengaruh pemberian perlakuan kompetensi pedagogik guru terhadap literasi matematika siswa di SMP. Penelitian ini menggunakan metode eskperimen serta menggunakan desain penelitian One Grup Pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di Smp N 1 Suranenggala dan sampelnya berjumlah 36 siswa kelas VIII G. Intrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi pedagogik guru di SMP N 1 Suranenggala tergolong dalam kategori kuat. Kompetensi pedagogik di SMP sangatlah penting untuk dimiliki guru karena pemberian perlakuan bisa merubah pembelajaran literasi di SMP 2) Berdasarkan nilai rata-rata posttest Literasi Matematika di SMP menunjukkan bahwa hasil pretest dan postest peneliti melakukan analisa melalui uji paired sample t-test nilai mean untuk pretest diperoleh nilai 50, 03 dan nilai mean untuk postest diperoleh hasil 81,14. Dari perolehan tersebut didapatkan selisih nilai mean sebesar 31,11 hal ini menunjukan adanya peningkatan dari nilai pretest ke nilai postest. Nilai sig 0,000 < 0,05 adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir, itu menunjukan terdapat perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing- masing variabel yakni sebelum dan sesudah diterapkannya kompetensi pedagogik guru. Dengan demikian terdapat pengaruh pemberian kompetensi pedagogik guru terhadap literasi matematika siswa di SMP 3) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap literasi matematika siswa di SMP. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,202 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linier antara variabel bebas (kompetensi pedagogik guru) dan variabel terikat (literasi matematika siswa di SMP).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:39
Last Modified: 06 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11015

Actions (login required)

View Item View Item