ZAQIATUL MISQIYAH, (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DENGAN TEKNIK MODELING DI KELAS VII SMP NEGERI 2 GUNUNG JATI. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808110048_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808110048_2_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
1808110048_6_bab5.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
1808110048_7_dafpus.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Zaqiatul Misqiyah, 2023. Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi dengan Teknik Modeling di Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Jati. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dra. Tati Sri Uswati, M. Pd., Pembimbing (2) Tato Nuryanto, M.Pd. Penelitian ini dilatori oleh adanya praktik pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi dengan Teknik Modeling di Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Jati, sebagai salah satu materi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia, teks cerita fantasi merupakan materi yang dipelajari pada BAB II dalam buku paket Kemendikbud (2017) Bahasa Indonesia: SMP/MTs kelas VII. Dalam pembelajaran ini peneliti menggunakan teknik modeling dengan pendekata kontekstual sebagai metode pembelajaran ketika melaukan penelitian di SMP Negeri 2 Gunung Jati karena pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang yang memabantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pegetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menguraikan keefektifan pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan teknik modeling di kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Jati. Peneliti menggunakan teknik studi pretest, posttest, angket, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Peneliti dalam menganalisis data yakni menggunakan data kuantitatif, data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest, posttes, dan perhitungan angket keefektifan pembelajaran menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dideskripsikan sebagai berikut, pertama, perhitungan data statistik antara kelas eksperimen (mendapatkan perlakukan) dan kelas kontrol (tidak dapat perlakuan) mengalami perbedaan hasil belajar, kelas eksperimen memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol karena dalam pembelajarannya menggunakan teknik yang berbeda. Kedua, analisis pelolehan angket aktivitas pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan teknik modeling, menyatakan bahwa pembelajaran ini efektif dilakukan pada pembelajan di kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 02:26 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11134 |
Actions (login required)
View Item |