PENGARUH PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PALIMANAN CIREBON

NISHFIYAH ROMADHAN, (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PALIMANAN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101203_2_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101203_3_bab2.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101203_6_bab5.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101203_7_dafpus.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

NISHFIYAH ROMADHAN NIM. 1908101203 PENGARUH PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PALIMANAN CIREBON Skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran abad 21 terhadap literasi digital siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palimanan Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa beberapa siswa yang belum bisa mengoprasikan smartphone untuk pembelajaran abad 21 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Terdapat sebagian siswa juga yang sudah mahir dalam mengoprasikan smartphone untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu juga masih rendahnya kompetensi siswa terhadap media digital secara online (akses internet). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran abad 21 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palimanan Cirebon, literasi digital siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palimanan Cirebon, dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran abad 21 terhadap literasi digital siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palimanan Cirebon. Pembelajaran abad 21 merupakan abad pengetahuan dimana informasi banyak tersebar dan teknologi berkembang. Abad 21 merupakan abad pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi. Pada pembelajaran abad 21 ini siswa harus mempunyai keterampilan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan kreativitas yang tinggi. Literasi digital siswa merupakan minat, sikap, dan kecakapan individu dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dan komunikasi dalam hal mengakses, mengatur, mengintegrasikan, menganalisis, serta mengevaluasi suatu informasi, mengonstruksi pengetahuan baru, melakukan, dan berkomunikasi dengan orang lain sehingga dapat ikut serta berperan aktif dalam masyarakat. Penyusun menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran abad 21 diperoleh hasil 75% yang menunjukan cukup baik. Adapun literasi digital siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palimanan Cirebon diperoleh hasil 68% yang menunjukan cukup baik. Pengaruh pembelajaran abad 21 terhadap literasi digital siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palimanan Cirebon menunjukan hubungan yang cukup signifikan, besaran pengaruhnya adalah sebesar 50% dan 50% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Pembelajaran Abad 21, Literasi Digital

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:56
Last Modified: 10 Jul 2023 08:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11336

Actions (login required)

View Item View Item