ICHA SUPRIATIN, (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, LAYANAN DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUASAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus BPRS HIK PARAHYANGAN Cabang Sumber). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.
|
Text
1908203088_1_cover.pdf Download (922kB) | Preview |
|
|
Text
1908203088_2_bab1.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
1908203088_6_bab5.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
1908203088_7_dafpus.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
ICHA SUPRIATIN. NIM: 1908203088, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, LAYANAN DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUASAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber)”. Produk pembiayaan murabahah merupakan salah satu produk pembiayaan berdasarkan prinsip jual beli yang ditawarkan oleh BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber dalam memenuhi kebutuhan nasabah baik dalam pembiayaan investasi produktif ataupun pembiayaan konsumtif. Pembiayaan murabahah menjadi produk pembiayaan unggulan di BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber karena merupakan produk pembiayaan yang paling sering dipilih oleh nasabah BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber dan menjadi salah satu penyumbang besar terhadap pendapatan di BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Kualitas Produk, Layanan dan Tingkat Margin Terhadap Kepuasan Pembiayaan Murabahah di BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu Kualitas Produk (X1), Kualitas Layanan (X2) dan Tingkat Margin (X3). Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu Kepuasan Nasabah (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang sudah mengajukan pembiayaan di BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling. Sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan metode uji instrumen penelitian, analisis data, analisis korelasi rank spearman, uji signifikan T dan uji statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar (7,430) > T tabel (1,666) yang artinya variabel kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Pada variabel Kualitas Layanan dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar (14,339) > T tabel (1,666) yang artinya variabel kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Pada variabel Tingkat Margin dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar (9,301) > T tabel (1,666) yang artinya variabel Tingkat Margin berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Tingkat Margin
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 04:03 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 04:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11639 |
Actions (login required)
View Item |