Irfan Firmansyah, (2023) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN FIKIH MI PUI MALAUSMA MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.
|
Text
1908107115_1_cover.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text
1908107115_2_bab1.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
1908107115_6_bab5.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
1908107115_7_dafpus.pdf Download (301kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena masih terdapat beberapa anak yang masih kurangnya pemahaman terhadap materi-materi yang telah disampaikan. Guru menjelaskan materi ajar hanya dengan menggunakan metode ceramah saja, hal ini di buktikan dengan masih banyak siswa yang tidak memperhatikan saat materi pembelajaran berlangsung. Peneliti juga menemukan, ketika kegiatan pembelajaran di kelas sedang berlangsung masih ada beberapa peserta didik melakukan kegiatan lain. Jenis penelitian yang digunakan dalam pnelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh karena mengambil seluruh siswa kelas V MI PUI Malausma Majalengka yang berjumblah 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji efektivitas. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui hasil dari penerapan strategi The Power Of Two kelas V di MI PUI Malausma Majalengka dengan menggunakan angket memperoleh persentase 65% dikategorikan sangat baik. Menggunakan pre-tes dan post-test 84,00 termasuk dalam katagori sangat baik. Dalam menentukan efektivitas penerapan strategi the power of two terhadap hasil belajar, peneliti menggunakan effect size Cohen’s. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai rata-rata post-test kelas ekperimen 60,4 dan standar deviasi 9,119 perolehan nilai rata-rata kelas kontrol 55,6 dan standar deviasi 6,366. Didapatkan dari hasil uji effect size Cohen’s yaitu (d = 3.164 > 1) sehingga termasuk dalam kategori besar skala cohen dalam Dali S. Naga (2005). Effect size tersebut membuktikan bahwa penerapan strategi the power of two besar efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 06:33 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11766 |
Actions (login required)
View Item |