Setiyanti, (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN NOVEL DI KELAS XII SMA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1908110065_1_cover.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
1908110065_2_bab1.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
1908110065_6_bab5.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
1908110065_7_dafpus.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata dan pemanfaatannya sebagai video pembelajaran novel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kutipan nilai pendidikan dalam novel Laskar Pelangi. Validitas data dilakukan dengan cara melakukan triangulasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, baca, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Laskar Pelangi mengandung nilai pendidikan. Nilai pendidikan yang terkandung antara lain: (1) nilai pendidikan religius, (2) nilai pendidikan etika, (3) nilai pendidikan sosial, (4) nilai pendidikan moral. Nilai pendidikan religius diantaranya, mengesakan Allah terdapat 2 kutipan, ibadah mahdhah terdapat 3 kutipan, ibadah ghairu mahdhah terdapat 3 kutipan, akhlak terhadap kedua orang tua 3 kutipan dan akhlak terhadap sesama 3 kutipan. Nilai pendidikan etika diantaranya, etika tata krama atau sopan santun terdapat 7 kutipan. Nilai pendidikan sosial diantaranya, menerima kenyataan hidup terdapat 4 kutipan, kebaktian hidup terdapat 3 kutipan, dan hubungan antar manusia terdapat 2 kutipan. Nilai pendidikan moral diantaranya, nilai moral yang berhubungan dengan agama atau religius terdapat 6 kutipan, dan nilai moral yang berhubungan dengan masyarakat atau sosial terdapat 4 kutipan. Dari nilai-nilai pendidikan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai video pembelajaran novel, materi ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah melewati uji validitas dan dinyatakan layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:12 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11845 |
Actions (login required)
View Item |