PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS LITERASI BAGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA CIREBON

TYA FIQRIAH, (2023) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS LITERASI BAGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110078_1_cover.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110078_2_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110078_6_bab5.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110078_7_dafpus.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek strategi pembelajaran menulis teks prosedur berbasis literasi bagi siswa SMA Negeri di Kota Cirebon. Literasi merupakan suatu kebiasaan yang intensif di dalamnya terjadi proses membaca, berpikir, dan menulis suatu informasi dan ilmu pengetahuan melalui satuan bahasa seperti kata-kata, kalimat, dan wacana yang membangun pengetahuan dan keterampilan seseorang sesuai dengan bidang keahliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan strategi pembelajaran menulis teks prosedur berbasis literasi bagi siswa SMA. Adanya pengembangan strategi tersebut agar pembaca dapat mengetahui dan menerapkan strategi pembelajaran menulis teks prosedur berbasis literasi di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Research and Development (R&D). Sumber dan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, digunakan untuk menjawab dari permasalahan pertama yang diteliti. Teknik wawancara, digunakan untuk menjawab permasalahan kedua yaitu pengembangan strategi pembelajaran menulis teks prosedur berbasis literasi. Teknik dokumentasi, digunakan untuk memperkuat permasalahan yang diteliti. Teknik angket, diberikan kepada siswa untuk dimintai jawaban terhadap kebutuhan strategi pembelajaran baru. Hasil penelitian berupa validasi ahli materi berdasarkan 2 komponen, yakni kelayakan isi dan penyajian. Hasil presentase validator ahli materi secara keseluruhan adalah 76%, dari hasil validasi RPP oleh para ahli dinyatakan RPP teks prosedur berbasis literasi untuk siswa kelas XI dinyatakan layak. Penelitian ini memiliki implikasi terhadap acuan dalam menulis teks prosedur bagi siswa agar KD yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik, dan acuan dalam membuat RPP strategi pembelajaran teks prosedur bagi pendidik. Penggunaan metode demonstrasi dan model discovery learning pada pembelajaran menulis teks prosedur berbasis literasi membuat siswa lebih semangat selama proses pembelajaran. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai strategi pembelajaran berbasis literasi. Menulis teks prosedur melalui strategi pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan oleh siswa maupun tenaga pendidik. Adanya penelitian ini diharapkan tenaga pendidik lebih meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya terkait semangat siswa dalam menulis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:21
Last Modified: 01 Sep 2023 07:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item