UUS HUSNUL KHOTIMAH, UUS (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 CIREBON. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
|
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. Bab 1.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab 5.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (600kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan MAN 2 Cirebon yaitu (1) Tiga tahun terakhir rata-rata lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negerisekitar 38.75 %; (2) Dengan kondisi 90% siswa tinggal di pondok pesantren, motivasi belajar siswa di kelas rendah karena siswa cenderung lebih mengutamakan pelajaran di pondok; (3) Masih terdapat 25,15 % guru tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (4) Sebagian besar guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi; (5) Sebagian besar siswa mengeluh kurangnya pembelajaran praktik; (6) Kurangnya kesempatan bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya (7) Masih ada pengelola yang menggunakan anggaran tidak membuat laporan kegiatan dan keuangan; (8) Sekitar 45% orangtua siswa belum melunasi biaya sumbangan peningkatan mutu pendidikan dan mengganggap bahwa madrasah tidak transfaran dalam pengelolaannya; dan (9) Sekitar 45% siswa prestasi belajarnya masih di bawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis beranggapan bahwa permasalahan tersebut timbul karena beberapa faktor diantaranya kebijakan mutu (Quality Policy), Manajemen pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Evaluasi SPMI di MAN 2 Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis SPMI yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan di MAN 2 Cirebon; (2) menganalisis manajemen SPMI di MAN 2 Cirebon, dan (3) menganalisis pengaruh manajemen SPMI terhadap peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupaya untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi pada saat penelitian dengan teknik pengumpulan data melalu observasi, wawancara, serta sudi dokumen. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, data display, serta pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) SPMI yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan di MAN 2 Cirebon mengacu ada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan dengan 85 capaian mutu yang ingin dicapai; (2) Ada empat langkah siklus manajemen SPMI MAN 2 Cirebon yang diterapkan, yaitu:Perencanaan dengan membentuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Madrasah (TPMPM), memetakan mutu dan membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM); Pelaksanaan pemenuhan mutu dalam pengelolaan pendidikan yang berpedoman kepada RKAM yang telah disusun; Evaluasi terhadap hasil capaian mutu standar SPMI yang diperoleh (75,00% SKL, 93,75% Standar Isi, 85,00% Standar Proses Pembelajaran, 86,81% Standar Penilaian, 89,20% Standar GTK, 94,44% Standar Pengelolaan, 81,82% Standar Sarpras, dan 100% Standar Pembiayaan. Tindak lanjut terhadap temuan dari hasil evaluasi SPMI dalam bentuk rekomendasi berupa perbaikan-perbaikan pemenuhan mutu pendidikan MAN 2 Cirebon; (3) Pengaruh manajemen SPMI terhadap peningkatan Mutu Pendidikan MAN 2 Cirebon adalah (a) peningkatan akuntabilitas terhadap proses dan hasil belajar, (b) peningkatan efisiensi penggunaan sumber daya; (c) peningkatan transparansi dalam penyelenggaraan pendidikan; (d) peningkatan kualitas pembelajaran dari temuan kekuatan dan kelemahan sistem pembelajaran; dan (e) Peningkatan reputasi yang baik. Kata Kunci : Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:55 |
Last Modified: | 27 May 2024 01:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12325 |
Actions (login required)
View Item |