Strategi Pengembangan UMKM Produksi Fashion Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Desa Tegal Gubug Arjawinangun Cirebon

Mal’an Fawaz, (2024) Strategi Pengembangan UMKM Produksi Fashion Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Desa Tegal Gubug Arjawinangun Cirebon. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1808204018_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808204018_2_bab1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
1808204018_6_bab5.pdf

Download (89kB)
[img] Text
1808204018_7_dafpus.pdf

Download (315kB)

Abstract

Pengembangan UMKM merupakan suatu langkah atau strategi yang cukup penting dalam meningkatkan dan memperkuat fondasi perekonomian nasional, yang mana keberadaan UMKM ini dapat memberikan banyak lapangan pekerjaan dan munculnya inovasi-inovasi baru. Pada umumnya, UMKM mendapati beberapa masalah, tak terkecuali yang dialami oleh para umkm di pasar sandang Tegal Gubug. Permasalahan yang dihadapi diantaranya kesukaran perluasan marketing, terbatasnya dalam ketersediaan sumber dana, rendahnya keterampilan SDM untuk berinovasi, serta terbatasnya pengetahuan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi UMKM dalam meningkatkan daya saing para pelaku UMKM Produksi Fashion di Desa Tegal Gubug Arjawinangun Cirebon serta untuk mengetahui analisis SWOT kekuatan kelemahan, peluang, dan ancaman, produk UMKM di Desa Tegal Gubug Arjawinangun Cirebon. Penelitian ini pula menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dilapangan yaitu dengan para narasumber atau informan yang kompeten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan teknik analisis data sebelum di lapangan, selama dilapangan, reduksi data, penyajian data, conclusion drawing atau verification serta validasi data serta di lakukan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi daya saing UMKM Produksi Fashion di pasar sandang Tegal Gubug Arjawinangun Cirebon yaitu dengan cara menjaga kualitas barang yang diproduksinya, selalu melakukan inovasi produk, memasarkan produknya melalui media sosial seperti aplikasi TG Shop serta memperbaiki sistem pembukuan mengenai pengelolaan keuangan. Hasil analisis SWOT pula menunjukkan bahwa daya saing UMKM fashion Pasar sandang tegal gubug ini berada pada kuadran I, hal tersebut merupakan situasi menguntungkan dimana UMKM memiliki peluang dan kekuatan yang sangat baik. Kata Kunci: Strategi, UMKM, dan Daya Saing.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 May 2024 03:38
Last Modified: 30 May 2024 03:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13241

Actions (login required)

View Item View Item