Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Kasus Pada Kelas XI di Madrasah Aliyah Manba‟ul Huda Cisambeng Palasah Majalengka

Humaedi Fadilah, (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Kasus Pada Kelas XI di Madrasah Aliyah Manba‟ul Huda Cisambeng Palasah Majalengka. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (404kB)

Abstract

Model Peembelajaran Inquiry adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada aktifitas siswa di dalam kelas dengan bentuk langkah-langkah penerapan materi yang diajarkan di dalam kelas sesuai dengan tahapan-tahapan Inquiry. Model Pembelajaran Inquiry yang diterapkan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di Madrasah Aliyah Manba’ul Huda Cisambeng Palasah Majalengka sudah sesuai dengan kurikulum 2013 yang mengharuskan pembelajaran dengan pendekatan student centered atau siswa yang harus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana pengelolaan Model Pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di Madrasah Aliyah Manba’ul Huda. 2). Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas XI di Madrasah Aliyah Manba’ul Huda. 3). Mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas XI di Madrasah Aliyah Manba’ul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianya studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi, dan angket skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji normalitas, analisis realibitas, dan validitas pada data angket. Populasi dan sampel ini menggunakan purposive sampling yaitu siswa kelas XI Madrasah Aliyah Manba’ul Huda Tahun Ajaran 2023-2024. Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1). Pengelolaan Model Pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran SKI di kelas XI Madrasah Aliyah Manba’ul Huda sudah sesuai dengan prosedur Model pembelajaran Inquiry. 2) Minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan Model Pembelajaran Inquiry sangat baik, hal ini dilihat dari respon siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa menunjukan hasil yang bagus, nilai rata-ratanya 79 di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75. 3). Besaran pengaruh minat belajar siswa mencapai nilai signifikansi sebesar 0.167> 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Inquiry pada pembelajaran SKI kelas XI terhadap peningkatan minat belajar berpengaruh secara signifikan. Kemudian, untuk besaran pengaruh hasil belajar siswa mempunyai nilai signifikansi sebesar 0.014<0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inquiry pada pembelajaran SKI kelas XI terhadap peningkatan hasil belajar berpengaruh secara signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Minat, dan Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:51
Last Modified: 03 Jun 2024 03:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item