Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Teggy Dwinovan, (2024) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008204118_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008204118_2_bab1.pdf

Download (579kB)
[img] Text
2008204118_6_bab5.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2008204118_7_dafpus.pdf

Download (400kB)

Abstract

Perkembangan zaman semakin canggih, kemajuan teknologi sangat pesat dan kehidupan manusia yang aktif serta meningkatnya tingkat pendapatan. Dalam hal ini, semuanya berdampak pada kebiasaan konsumsi, termasuk di kalangan mahasiswa yang mungkin belum memiliki kemandirian finansial yang memadai untuk memenuhi kebutuhan mereka. Berbagai pola pembelian yang tidak wajar, pembelian dilakukan bukan karena kebutuhan aktual, tetapi karena dorongan lain seperti memenuhi gaya hidup, mengikuti tren dalam media sosial, serta untuk mendapat pengakuan sosial. Untuk menghadapi perkembangan ini, mahasiswa harus memahami literasi keuangan untuk dapat mengelola keuangan mereka dengan bijaksana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, media sosial dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif dengan sampel sebanyak 100 orang mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, teknik pengambilan sampling dengan Kluster Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, serta analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup memiliki nilai signifikansi 0.000<0.05 artinya gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, variabel media sosial memiliki nilai signifikansi 0.000<0.05 artinya media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif dan variabel literasi keuangan memiliki nilai signifikansi 0.000<0.05 artinya literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif serta simultan nilai signifikansi 0.000<0.05 artinya gaya hidup, media sosial dan literasi keuangan secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kata Kunci: Pengaruh, Perilaku, Konsumtif, Mahasiswa, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:01
Last Modified: 10 Jun 2024 02:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item