Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Price Of Book Value Pada Perusahaan Sektor Consumer Non Cyclical Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2019

Luthfiah Rachmawati, NIM, (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Price Of Book Value Pada Perusahaan Sektor Consumer Non Cyclical Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2019. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204090_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008204090_2_bab1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
2008204090_6_bab5.pdf

Download (257kB)
[img] Text
2008204090_7_dafpus.pdf

Download (401kB)

Abstract

Nilai suatu perusahaan memberikan gambaran rinci mengenai keadaan perusahaan. Nilai perusahaan yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja keuangan, merupakan cerminan seberapa baik keuangan dikelola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi pengaruh profitabilitas, struktur modal, kebijakan hutang, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan sektor consumer non cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor consumer non cyclical yang terdaftar di bursa efek Indonesia dengan periode penelitian 2018-2022. Sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling berjumlah 35 perusahaan dengan kriteria perusahaan terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia), menyampaikan laporan keuangan secara berturut-turut, mendapatkan laba, dan menggunakan mata uang Rupiah. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan estimasi Fixed Effect Model (FEM) yang di uji menggunakan Eviews versi 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai thitung > ttabel sebesar (6,7567 > 1,9740). Kebijakan utang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai thitung < ttabel sebesar (-1,9860 < 1,9740). Struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan hasil diperoleh thitung > ttabel sebesar 5,7783 > 1,9740. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan hasil diperoleh thitung < ttabel sebesar -1,0070 < 1,9740. Berdasarkan hasil uji simultan diperoleh bahwa profitabilitas, kebijakan utang, struktur modal dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai fhitung > ftabel sebesar (58,441 > 2,424). Kata Kunci: Profitabilitas, Kebijakan Utang, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:18
Last Modified: 12 Jun 2024 02:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13334

Actions (login required)

View Item View Item