Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila (Studi Komparatif Antara Sekolah Penggerak Dan Non�Penggerak)

Intan Indriawati, (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila (Studi Komparatif Antara Sekolah Penggerak Dan Non�Penggerak). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (258kB)

Abstract

Fokus masalah pada penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk profil pelajar pancasila. Guru pendidikan agama Islam sudah berkewajiban membentuk profil pelajar pancasila, karena nilai-nilai yang terkandung didalamnya sesuai dengan nilai-nilai keIslaman. Namun, tidak semua siswa memiliki indikator profil pelajar pancasila tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan tentang bagaimana peran guru PAI dalam membentuk dan menguatkan profil pelajar pancasila kepada peserta didik serta peneliti ingin mengetahui apakah metode yang digunakan oleh guru PAI di sekolah penggerak sama atau tidak dengan metode yang digunakan oleh guru PAI di sekolah non penggerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru PAI, dampak status sekolah penggerak dan non-sekolah penggerak, dan tantangan dan peluang yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk profil pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak dan non-sekolah Penggerak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan komparatif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan kuesioner. Dengan menggunakan analisis dokumen, komparatif dan deskriptif. Berdasarkan temuan penelitian, Peran guru PAI dalam pembentukan Profil pelajar Pancasila di sekolah adalah memberikan ilmu pengetahuan, menjadi teladan, memadukan materi pembelajaran PAI dengan Profil Pelajar Pancasila. Status sekolah penggerak dan sekolah non�penggerak berdampak pada peran guru PAI dalam pembentukan Profil pelajar Pancasila. Guru Pendidikan Agama Islam menghadapi tantangan dalam membentuk profil peserta didik Pancasila di Sekolah penggerak dan Non sekolah penggerak, antara lain konteks multikultural, perbedaan penafsiran, keterbatasan sumber daya, dan keterbatasan waktu. Namun, mereka juga memiliki peluang, termasuk integrasi kurikulum, pembentukan karakter, dan kolaborasi antar mata pelajaran. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:48
Last Modified: 19 Jun 2024 02:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item