Pengaruh Pendidikan dan Religiusitas Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Desa Trusmi Kulon Terhadap Persepsi Tentang Bank Syariah

INGGIH RAHAYU, (2024) Pengaruh Pendidikan dan Religiusitas Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Desa Trusmi Kulon Terhadap Persepsi Tentang Bank Syariah. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img] Text
2008203027_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008203027_2_bab1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
2008203027_6_bab5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
2008203027_7_dafpus.pdf

Download (312kB)

Abstract

Dari data yang ada dapat diketahui bahwa market share bank umum syariah masih dibawah unit usaha syariah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengelolan bank syariah. Meskipun, di Indonesia Sendiri Islam merupakan Agama mayoritas dibandingkan dengan agama-agama lain. Melihat dari latar belakang Agama di negara ini maka idealnya masyarakat atau warga negara Republik Indonesia lebih memilih bertransaksi di bank-bank berbasis Syariah yang kehalalannya lebih bisa dijamin dibandingkan bank konvensional. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan masyarakat lebih condong memilih bertransaksi di bank-bank konvensional dibanding bank berbasis syariah. Dari data pendidikan bahwa masyarakat Desa Trusmi Kulon masih banyak masyarakat yang putus pendidikan di tingkat SD, sehingga minim pengetahuan perbankan syariah ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang yang minim. Selain itu, mayoritas masyarakat desa Trusmi Kulon beragama islam tetapi pemahaman pelaku UMKM tentang prinsip bank syariah masih keliru. Salah satunya orang masih belum memahami dengan benar prinsip-prinsip dasar syariah yang mendasari operasional bank syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan religiusitas terhadap persepsi bank syariah pada pelaku UMKM batik Desa Trusmi Kulon. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan model deskriptif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 132 orang, sehingga seluruh populasi dijadikan responden pelaku UMKM batik Desa Trusmi Kulon. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) variabel pendidikan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap persepsi tentang bank syariah pada pelaku UMKM batik Desa Trusmi Kulon. Sedangkan variabel religiusitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap persepsi tentang bank syariah pada pelaku UMKM batik Desa Trusmi Kulon. Kemudian hasil uji serentrak (uji f) variabel pendidikan dan religiusitas nilai fhitung > ftabel (25,832 > 3,07) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan H3 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan dan religiusitas secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap persepsi tentang bank syariah pada pelaku UMKM Batik Desa Trusmi Kulon. Kata Kunci : Pendidikan, Religiusitas, Persepsi, UMKM.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:31
Last Modified: 17 Jul 2024 04:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13565

Actions (login required)

View Item View Item