WIRDHA ISNA RAHMATUSYIFA, (2024) Analisis Manajemen Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan BSI OTO pada Bank Syariah Indonesia KCP Cirebon Plered 1. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.
Text
2008203040_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008203040_2_bab1.pdf Download (537kB) |
|
Text
2008203040_6_bab5.pdf Download (183kB) |
|
Text
2008203040_7_dafpus.pdf Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan SWOT pada produk pembiayaan BSI OTO, strategi pemasaran produk pembiayaan BSI OTO, dan bagaimana implementasi akad murabahah dalam pembiayaan BSI OTO di Bank Syariah Indonesia KCP Cirebon Plered 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, wawancara, kuesoner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hal ini bertujuan untuk menguraikan dan memecahkan masalah berdasarkan datayang diperoleh. Kemudian penguji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Strategi pemasaran produk pembiayaan BSI OTO di BSI KCP Cirebon Plered 1 menggunakan strategi pemasaran STP dan Marketing mix (bauran pemasaran). Prosuk pembiayaan ini berfokus pada pegawai tetap, professional dan nasabah payroll (penggajian) yang sudah luas sehingga dapat memudahkan dalam menargetkan sasaran promosi dan memberikan service excellent (pelayanan prima) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan. Strategi pemasaran pembiayaan BSI OTO di BSI KCP Cirebon Plered 1 berdampak pada peningkatan penjualan dan market share. Beberapa pihak terkait atau nasabah juga menjelaskan dengan persepektif masing masing mengenai produk pembiayaan BSI OTO yang kebanyakan menilai baik dan proses pengajuannya mudah, cepat dan pelayanannya nyaman. Namun ada beberapa pihak terkait juga yang menilai bahwa produk BSI OTO marginnya masih tergolong tinggi kalau diperbandingkan dengan bank lain. Strategi pemasaran pembiayaan BSI OTO di BSI KCP Cirebon Plered 1 masih terbilang cukup baik dan bisa meningkatkan jumlah nasabah serta meningkatkan market share nya yang mengalami kenaikan pertahunnya setelah dilakukannya strategi pemasaran dengan baik. Kata kunci : Strategi Pemasaan, Analisis Internal dan Eksternal, Pembiayaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:21 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13574 |
Actions (login required)
View Item |