IMPLIKASI LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR) SUAMI-ISTRI TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PERSPEKTIF PSIKOLOGI KELUARGA (Studi Kasus di Desa Caracas Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan)

FITRIA NUR FAUZIAH, (2024) IMPLIKASI LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR) SUAMI-ISTRI TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PERSPEKTIF PSIKOLOGI KELUARGA (Studi Kasus di Desa Caracas Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga Islam Syariah.

[img] Text
2008201095_1_cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2008201095_2_bab1.pdf

Download (608kB)
[img] Text
2008201095_6_bab5.pdf

Download (432kB)
[img] Text
2008201095_7_dafpus.pdf

Download (534kB)

Abstract

Long Distance Relationship (LDR) merupakan hubungan dimana pasangan dipisahkan oleh jarak dan fisik yang tidak memungkinkan untuk bertemu. Di dalam pasal 1 UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang tujuan perkawinan untuk membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa dijelaskan bahwa untuk itu suami istri perlu saling membantu dan melengkapi agar masing-masing dapat mengembangkan kepribadiannya membantu dan mencapai kesejahteraan spiritual dan material. Pada prosesnya, tujuan tersebut dapat terealisasikan dengan baik akibat adanya komitmen, keintiman dan komunikasi yang lancar. Namun, pada realitanya dalam hal tersebut seringkali terjadi kesenjangan karena tidak terealisasinya tujuan perkawinan yang dialami pada pasangan suami istri yang menjalani long distance relationship di Desa Caracas Kec. Cilimus Kab. Kuningan. Hal ini dikarenakan adanya implikasi positif dan negatif pada pasangan suami istri yang menjalani long distance relationship terhadap keharmonisan rumah tangga. Sebab itu, muncullah pokok masalah yang menjadi tujuan dari adanya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rumah tangga yang menjalani Long Distance Relationship (LDR) dan implikasinya terhadap keharmonisan rumah tangga perspektif psikologi keluarga pada pasangan di Desa Caracas Kec. Cilimus Kab. Kuningan. Penulisan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, faktor yang melatarbelakangi suami istri Long Distance Relationship (LDR) di Desa Caracas Kec. Cilimus Kab. Kuningan yaitu faktor pekerjaan, pendidikan dan tempat tinggal di perantauan. Kedua, adanya implikasi positif dan negatif pasangan suami istri Long Distance Relationship (LDR) terhadap keharmonisan rumah tangga apabila ditinjau dari perspektif psikologi keluarga. Kenyataan terpisah jauh dengan pasangan bisa menimbulkan rendahnya kepuasan pada hubungan mereka yang dapat menyebabkan pasangan mengalami stress, kurang efektif dalam melakukan strategi penyelesaian masalah dan adanya penurunan kepercayaan pada pasangan sehingga potensi untuk terjadinya konflik sangat besar. Namun, keberhasilan dalam menjalani Long Distance Relationship (LDR) juga besar kemungkinan untuk terjadi, dikarenakan adanya dukungan diantara pasangan, saling menjaga komitmen, rasa kepercayaan dan komunikasi yang terbuka diantara pasangan sehingga hal tersebut akan membuat hubungan menjadi lebih bahagia. Kata Kunci: Long Distance Relationship (LDR), Harmonis, Rumah Tangga, Psikologi Keluarga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Jul 2024 05:02
Last Modified: 18 Jul 2024 05:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item