PEMANFAATAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BERBASIS GRUP WHATSAPP UNTUK MENENTUKAN KARIER PADA SISWA KELAS XII DI MAN 1 KOTA CIREBON

TIARA DWI NUGIETAMI BASMALA, (2024) PEMANFAATAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BERBASIS GRUP WHATSAPP UNTUK MENENTUKAN KARIER PADA SISWA KELAS XII DI MAN 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
1908306021_1_cover.pdf

Download (965kB)
[img] Text
1908306021_2_bab1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
1908306021_6_bab5.pdf

Download (250kB)
[img] Text
1908306021_7_dafpus.pdf

Download (263kB)

Abstract

Teknologi komunikasi seperti WhatsApp Grup tidak hanya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi semata melainkan juga sebagai media pembelajaran ataupun pemberian layanan. Salah satu contohnya yang dilakukan oleh Guru BK di MAN 1 Kota Cirebon yang menggunakan whatsapp sebagai media layanan informasi guna memberikan kemudahan kepada siswa untuk mendapatkan informasi. Tujuan penelitian diharapkan dapat diketahui penggunaan WhatsApp sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling dalam menentukan karier. Dengan demikian, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media layanan informasi berbasis grub whatsApp di MAN 1 Kota Cirebon dan bagaimana proses penentuan karier siswa di MAN 1 Kota Cirebon serta bagaimana pemanfaatan media layanan informasi berbasis grup whatsApp untuk menentukan karier siswa pada siswa kelas XII MAN 1 Kota Cirebon. Penelitian ini, penelitian lapangan yang menggunakan metode kuntitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Guru BK, Guru Mata Pelajaran dan siswa kelas XII di MAN 1 Kota Cirebon. Sedangkan obyek penelitian adalah pemanfaatan grup whatsapp sebagai media layanan informasi. Adapun hasil penelitian, Penggunaan whatsapp sebagai media layanan informasi BK mendorong siswa melakukan proses bimbingan dan konseling secara online dan memberikan kemudahan kepada siswa untuk mendapatkan layanan informasi. Proses penentuan karier siswa kelas XII di MAN 1 Kota Cirebon, siswa bebas memilih sendiri kariernya tanpa ada paksaan dari orang lain. pemanfaatan media whatsapp grup sebagai media layanan informasi telah ditemukan adanya kesepakatan atau kerja sama melalui guru BK dan wali kelas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:37
Last Modified: 06 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13726

Actions (login required)

View Item View Item