Vivi Amalia VidiyaNingsih, (2024) Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Umkm Untuk Bertransaksi Menggunakan Digital Payment (Studi Kasus Umkm Di Depok Cirebon). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Islam IAIN Shekh Nurjati.
Text
2008204055_1_cover.pdf Download (575kB) |
|
Text
2008204055_2_bab1.pdf Download (177kB) |
|
Text
2008204055_6_bab5.pdf Download (41kB) |
|
Text
2008204055_7_dafpus.pdf Download (60kB) |
Abstract
Penggunaan pembayaran digital mengalami perkembangan yang cukup signifikan di indoneisa, tetapi masih terdapat keterbatasan yang menjadi masalah bagi masyarakat saat menggunakannnya. Penggunaan metode pembayaran digital di kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki beberapa keterbatasan. Beberapa masalah umum yang dapat dihadapi UMKM dalam menggunakan sistem pembayaran digital diantaranya seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya pengetahuan teknologi, biaya implementasi, kurangnya kepercayaan, dan ketergantungan pada pembayaran tunai. Minat untuk menggunakan uang elektronik memberikan dampak positif, terlihat dari perubahan yang signifikan dalam pola transaksi, khususnya dalam pemilihan alat pembayaran. Digital payment menjadi opsi yang dapat diterapkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan efesiensi dalam operasional usaha. Oleh karena itu, hubungan antara digital payment dan UMKM memiliki keterkaitan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meskipun UMKM memiliki skala usaha yang kecil, namun kenyataanya UMKM dapat mencapai keunggulan dalam dunia usaha di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap keputusan umkm untuk bertransaksi menggunakan digital payment. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, data yang dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS versi 23, menunjukkan bahwa variabel persepsi kebermanfaatan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan UMKM untuk bertransaksi menggunakan digital payment (Y). Kemudian variabel persepsi kemudahan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan UMKM untuk bertransaksi menggunakan digital payment (Y). Selanjutnya secara simultan, variabel persepsi kebermanfaatan (X1) dan persepsi kemudahan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan UMKM untuk bertransaksi menggunakan digital payment (Y). Kata Kunci: Digital Payment, Persepsi, Kebermanfaatan, dan Kemudahan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 05:41 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13751 |
Actions (login required)
View Item |