EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X DI MA NURUL HUDA MUNJUL

KHARIROTUS SALAMAH, (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X DI MA NURUL HUDA MUNJUL. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306027_1_cover.pdf

Download (938kB)
[img] Text
2008306027_2_bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2008306027_6_bab5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2008306027_7_dafpus.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil tingkat kemandirian belajar siswa kelas X di MA Nurul Huda Munjul dan menguji efektivitas layanan konsleing kelompok dengan teknik self-management dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X di MA Nurul Huda Munjul. metode yang digunakan adalah kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one group pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa kelas X yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa kuesioner kemandirian belajar yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah treatment.Treatment yang digunakan dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dengan teknik self-management yang dilakukan selama 3 sesi. Hasil anaisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam skor kemandirian belajar siswa setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik self-management. Skor rata-rata pada post-test meningkat yaitu 82,25 dibandingkan dengan skor rata-rata pre-test yaitu 56,50, dengan nilai t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan (0,000<0,05). Temuan ini, mengindikasikan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self-management efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa treatment layanan konseling kelompok dengan teknik self-management dapat dijadikan salah satu strategi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Sekolah dan lembaga pendidikan disarankan untuk mempertimbangkan penerapan program ini dalam upaya pengembangkan kemandirian belajar siswa. Peneliti lebih lanjut disarankan untuk memperulas cakupan materi dan waktu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:48
Last Modified: 31 Jul 2024 06:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13769

Actions (login required)

View Item View Item