PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM MENINGKATKAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK DI SMK PRESIDEN KOTA CIREBON

LINTANG MAULIDIYAH, (2024) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM MENINGKATKAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK DI SMK PRESIDEN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306044_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306044_2_bab1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
2008306044_6_bab5.pdf

Download (33kB)
[img] Text
2008306044_7_dafpus.pdf

Download (150kB)

Abstract

Peserta didik di SMK Presiden memiliki potensi diri yang berbeda-beda. Di SMK Presiden beberapa peserta didiknya belum mengetahui, memahami bahkan meningkatkan potensi dalam dirinya. Guru bimbingan dan konseling mempunyai keunikan tersendiri dalam mengatasi permasalahan tersebut. Guru bimbingan dan konseling menggunakan teknik expressive writing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan teknik expressive writing bagi peserta didik di SMK Presiden, menguraikan kondisi potensi diri peserta didik sebelum dan sesudah diberikan teknik expressie writing dan mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling melalui teknik expressive writing dalam meningkatkan potensi diri peserta didik di SMK Presiden Kota Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa peran guru bimbingan dan konseling melalui teknik expressive writing dapat digunakan untuk meningkatkan potensi diri peserta didik tentunya melalui beberapa tahapan, yakni recognition, examination, feedback dan aplication to self. Sebelum diberikan teknik expressive writing, kondisi peserta didik ada yang tinggi, menengah dan rendah, namun setelah diberikan teknik expressive writing semakin meningkat. Adapun peran guru bimbingan dan konseling antara lain sebagai informator, motivator, inisiator, fasilitator, mediator, director, trasnformator dan evaluator.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:12
Last Modified: 01 Aug 2024 02:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13787

Actions (login required)

View Item View Item