EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS MINDFUL PARENTING TERHADAP PENURUNAN STRES PENGASUHAN PADA ORANG TUA DENGAN ANAK USIA MIDDLE CHILDHOOD DI DESA GOMBONG KABUPATEN PEMALANG

NOVIS AULIA RAMADANI, (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS MINDFUL PARENTING TERHADAP PENURUNAN STRES PENGASUHAN PADA ORANG TUA DENGAN ANAK USIA MIDDLE CHILDHOOD DI DESA GOMBONG KABUPATEN PEMALANG. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306102_1_cover.pdf

Download (614kB)
[img] Text
2008306102_2_bab1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
2008306102_6_bab5.pdf

Download (107kB)
[img] Text
2008306102_7_dafpus.pdf

Download (96kB)

Abstract

Pengasuhan merupakan tuntutan yang di alami oleh orang tua yaitu pemenuhan kebutuhan dasar anak yang sangat penting serta kasih sayang yang harus diberikan kepada anak. Tuntutan atau kesulitan serta kompleksitas yang dirasakan oleh orang tua dalam pengasuhan seringkali menyebabkan orang tua merasa hal tersebut sebagai beban pengasuhan. Beban pengasuhan ini merupakan dampak negatif ataupun permasalahan yang timbul dari proses pengasuhan anak yang berbuntut pada timbulnya stres pengasuhan pada orang tua. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa stres pengasuhan pada orang tua dapat diturunkan dengan beberapa metode, salah satunya yakni bimbingan kelompok berbasis mindful parenting. Oleh karenanya rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah bimbigan kelompok berbasisi mindful parenting efektif unuk menurunkan stres pengasuhan pada orang tua dengan anak usia minddle chilhood. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat stres pengasuhan pada orang tua dengan anak usia minddle chilhood di Desa Gombong, mendeskripsikan rancangan layanan bimbingan kelompok berbasis mindful parenting yang akan diterapkan dalam treatment penelitian ini, dan juga mendeskripsikan hasil dari efektivitas bimbingan kelompok berbasisi mindfu parenting terhadap penurunan stres pengasuhan pada orang tua dengan anak usia minddle chilhood di Desa Gombong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desai Pre-eksperimen one grup pre-test and post-test. Subjek dalam penelitian ini yaitu 10 orang tua dengan anak usia minddle chilhood yang telah dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat ketercapaian stres pengasuhan orang tua di Desa Gombong berada pada kategori SEDANG. Penelitian ini menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat stres pengasuhan pada orang tua di Desa Gombong setelah dilakukanya sesi bimbingan kelompok berbasis mindful parenting. Dari hasil uji t menggunakan bantuan program SPSS versi 25 menunjukan bahwa orang tua yang dikategorikan mengalami stres pengasuhan terdapat perubahan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis mindful parenting. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berbasisi mindfu parenting cukup efektif untuk menurunkan stres pengasuhan pada orang tua dengan anak usia minddle chilhood di Desa Gombong.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:23
Last Modified: 01 Aug 2024 07:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item View Item