IMPLEMENTASI TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL INAYAH BANDUNG BARAT

SITI RUBAEAH, (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL INAYAH BANDUNG BARAT. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306172_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306172_2_bab1.pdf

Download (623kB)
[img] Text
2008306172_6_bab5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2008306172_7_dafpus.pdf

Download (210kB)

Abstract

Efikasi diri merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menghadapi berbagai tugas dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Di pondok pesantren, santri belajar ilmu pengetahuan dan ilmu agama sehingga selain mendapatkan ilmu pengetahuan santri juga memperoleh ilmu agama secara mendalam. Banyak santri yang merasa kesulitan dala menjalani pembelajaran di pondok yang padat karena kurangnya efikasi diri. Oleh karena itu, bimbingan konseling dengan teknik self management diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan efikasi diri santri. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk efikasi diri santri di Pondok Pesantren Darul Inayah, mendeskripsikan tahapan implementasi teknik self management dalam meningkatkan efikasi diri santri, dan menganalisis dampak implementasi teknik self management dalam meningkatkan efikasi diri santri di Pondok Pesantren Darul Inayah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk efikasi diri santri di Pondok Pesantren Darul Inayah pada santriwan dan santriwati junior cenderung memiliki efikasi diri yang rendah dalam menghadapi pembelajaran di pondok karena kurangnya keyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki. Sementara itu, santriwan dan santriwati senior di pondok tersebut menunjukkan efikasi diri yang tinggi dalam menghadapi pembelajaran di pondok dan sekolah, serta bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan sehari-hari sebagai pengurus pondok. 2) Tahapan implementasi teknik self management dalam meningkatkan efikasi diri santri di Pondok Pesantren Darul Inayah meliputi pemantauan diri (self monitoring), kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri (self contracting), penguatan (reinforcement) dan penguasaan terhadap rangsangan (stimulus control). Didukung oleh beberapa kegiatan pondok seperti pidato, kursus bahasa, dan silat juga merupakan implementasi teknik self management dalam meningkatkan efikasi diri santri. 3) Dampak dari implementasi teknik self management dalam meningkatkan efikasi diri menyebabkan perubahan dalam diri santri antara lain peningkatan kepercayaan diri, motivasi, dan kemampuan pengaturan waktu yang lebih baik bagi santri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:37
Last Modified: 02 Aug 2024 03:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item View Item