PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI VIRUS

Farhah Kammilatun Nukhah, (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI VIRUS. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908106104_1_cover.pdf

Download (871kB)
[img] Text
1908106104_2_bab1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
1908106104_6_bab5.pdf

Download (177kB)
[img] Text
1908106104_7_dafpus.pdf

Download (264kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan model Group Investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang menerapkan dan tidak menerapkan model Group Investigation dan untuk mengevaluasi respon keterampilan berpikir kritis yang menerapkan dan tidak menerapkan model Group Investigation (GI) pada materi virus di kelas X MAN 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan kuantitatif, metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan angket respon. Teknik analisis data menggunakan software SPSS 16 dan Anates. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas penerapan model Grup Investigation (GI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari pertemuan pertama sampai ketiga keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan secara bertahap. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pencapaian ragam KBK Penerapan model pembelajaran Grup Investigation (GI) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari pertemuan pertama sampai ketiga. Keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan secara bertahap. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pencapaian ragam KBK yang berada pada kategori baik yaitu sebesar 72,23%. Ragam indikator eksplanasi yang meningkat secara signifikan pada setiap pertemuannya. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji Mann Withney U dengan nilai Asymp.sig (2-tailed) 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi virus mendapat respon positif dari siswa. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Virus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:46
Last Modified: 06 Aug 2024 02:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item