PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE GENIALLY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

DE FITRI RAHMAWATI, (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE GENIALLY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008106003_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008106003_2_bab1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
2008106003_6_bab5.pdf

Download (154kB)
[img] Text
2008106003_7_dafpus.pdf

Download (210kB)

Abstract

Pembelajaran biologi abad 21 menuntut keterampilan pemecahan masalah sebagai komponen penting untuk dikuasai oleh peserta didik sekolah menengah atas (SMA) yang dapat dikembangkan dengan pemilihan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, salah satunya media Genially. Tujuan penelitian ini yaitu diantaranya untuk menganalisis aktivitas siswa dengan penerapan media pembelajaran Genially, untuk menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Genially dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran Genially, dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran biologi dengan penerapan media pembelajaran Genially. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Babakan dengan populasi kelas XI dan sampel kelas XI-A dan XI-B. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam memecahkan masalah dengan penerapan media pembelajaran Genially terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dari pertemuan pertama hingga ketiga mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 77,25% dengan kriteria baik. Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa yang signifikan antara kelas dengan penerapan media pembelajaran Genially dan kelas yang tidak diterapkan media pembelajaran Genially berdasarkan rata-rata N-Gain 0,48 pada kelas eksperimen dengan kategori sedang dan 0,23 pada kelas kontrol dengan kategori rendah, serta berdasarkan pengujian hipotesis melalui uji non parametrik Mann-Whitney yang memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Respon siswa terhadap pembelajaran biologi dengan penerapan media pembelajaran Genially pada materi sistem reproduksi menunjukkan respon yang positif dengan rata-rata persentase keseluruhan respon siswa sebesar 76,85% masuk ke dalam kategori kuat. Peneliti selanjutnya diharapkan memanajemen waktu yang digunakan sedemikian rupa, sehingga penggunaan waktu lebih efisien dalam belajar dan memilih sekolah yang memperbolehkan siswa membawa smart phone. Kata Kunci: Genially, Keterampilan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning (PBL).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:03
Last Modified: 06 Aug 2024 03:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item View Item