PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) VETERAN KOTA CIREBON

SUSAN FAUZIAH AL-HAQQI, (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) VETERAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
1908101210_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908101210_2_bab1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
1908101210_6_bab5.pdf

Download (120kB)
[img] Text
1908101210_7_dafpus.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan berupa kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran sehingga keaktifan belajar siswa kelas X di SMK Veteran Kota Cirebon menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw kelas X di SMK Veteran Kota Cirebon, keaktifan belajar siswa kelas X di SMK Veteran Kota Cirebon dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMK Veteran Kota Cirebon. Quick On The Draw merupakan salah satu strategi dari pembelajaran kooperatif yang dikenalkan oleh Paul Ginnis. Model pembelajaran kooperatif quick on the draw akan menjadikan kondisi pembelajaran lebih menyenangkan karena dalam prosesnya diselimuti dengan suasana permainan. Penyusun menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan cara mengolah data secara statistik dengan rumus prosentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw diperoleh hasil 82% yang menunjukkan sangat baik. Adapun keaktifan belajar siswa kelas X diperoleh hasil 89% yang menunjukkan sangat baik. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMK Veteran Kota Cirebon menunjukkan kategori sedang atau cukup, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0,463 yang berada pada rentang 0,40-0,59 dan koefisien determinasi yaitu dengan nilai prosentase sebesar 22% dan sisanya 78% lain ditentukan oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran, kooperatif tipe Quick on The Draw, keaktifan belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:06
Last Modified: 06 Aug 2024 03:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item