ARIQOH BASSAMAH, (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PENGGERAK TERHADAP KOMPETENSI GURU DI ERA 5.0 (STUDI KASUS GURU PENGGERAK MATEMATIKA DI SMP KAB. CIREBON). Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.
Text
1908105086_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908105086_2_bab1.pdf Download (223kB) |
|
Text
1908105086_6_bab5.pdf Download (90kB) |
|
Text
1908105086_7_dafpus.pdf Download (102kB) |
Abstract
Perkembangan zaman yang terjadi saat ini muncul berbagai isu di berbagai bidang terutama di dalam pendidikan. Adanya kemajuan teknologi dalam pendidikan menjadi tombak perubahan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Maka harus adanya peningkatan kualitas guru dari segi kompetensi guru yang sesuai dengan peran guru di era 5.0. Sehingga muncul upaya yang dilakukan Mendikbudristek yakni dalam hal merubah kurikulum serta kebijakan di dalamnya menjadi Kurikulum Merdeka, agar pendidikan di Indonesia tidak ketinggalan zaman. Salah satu kebijakan dalam kurikulum merdeka adalah terdapatnya program guru penggerak sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas (kompetensi) guru yang disesuaikan dengan era 5.0. Di dalam program guru penggerak guru dituntut serta di latih untuk menjadi guru yang profesional berkonsep merdeka dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru penggerak, kompetensi guru penggerak dan hambatan-hambtan terkait dengan program guru penggerak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 guru penggerak matematika di SMP Kab. Cirebon. Instrumen dan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai persepsi guru penggerak terhadap program guru penggerak memiliki persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat kuat. Sedangngkan hasil dari kompetensi guru penggerak memiliki persentase 88% dengan kriteria sangat kuat. Hambatan yang di alami saat pendidikan guru penggerak yakni pengolahan manajemen waktu yang masih kurang, pengetahuan terkait guru penggerak masih kurang di awal kegiatan, motivasi diri yang masih rendah, rendahnya kolaborasi dan pemahaman terkait guru penggerak dengan teman sejawat dan kurang memahami kebutuhan serta kemampuan siswa yang berbeda-beda. Sedangkan pada saat menjadi guru penggerak hambatan yang dilalui ialah kurang maksimal dalam penerapan pembelajaran yang berdiferensiasi, kurang mengimplementasikan dan mengaplikasikan media pemeblajaran yang berbasis teknologi serta keterbatasan sarana TIK untuk siswa dan guru. Kata kunci: Program Guru Penggerak, Persepsi Guru, Kompetensi Guru, Guru Penggerak Matematika
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:20 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13937 |
Actions (login required)
View Item |