MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA MTS

FIRNAS JAMALUDDIN, (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA MTS. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908105160_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908105160_2_bab1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
1908105160_6_bab5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
1908105160_7_dafpus.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Matematika. Karena dari pengamatan peneliti saat melakukan pembelajaran di kelas masih banyak siswa yang tidak tertarik dalam mempelajari pelajaran matematika, saat jam pelajaran dimulai masih banyak siswa yang bermain sendiri tidak memperhatikan pengajar dan juga kebanyakan pengajar di situ masih monoton dalam menyampaikan pembelajaran. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika, khususnya pada materi relasi dan fungsi, di kelas VIII MTs Mafatihul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen pretest dan postest control group. Dua kelompok siswa dibentuk untuk membandingkan pengaruh metode TGT dan Ekspositori. Populasi peneltian adalah siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda dan sample terdiri dari dua sample yaitu kelas VIII A dan VIII B. Instrumen peneltian yang digunakan berupan tes (Pretest dan Postest). Analisis data menggunakan uji prasyarat menunjukkan distribusi normal pada kedua kelompok. Uji homogenitas menunjukkan homogenitas data, dan uji paired sample t-test mengindikasikan peningkatan signifikan hasil belajar setelah penerapan metode TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan N-gain score sebesar 58,5%, sementara metode ekspositori dinilai tidak efektif dengan N-gain score 29,8%. Hasil uji independenT sample t-test menegaskan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan TGT (85,75) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (73,05). Selain itu, penggunaan TGT juga memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan keaktifan siswa. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika dibandingkan dengan metode Ekspositori pada siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda. Kata kunci: Koopertif, Temas Games Tournament, Matematika, Hasil Belajar Siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:44
Last Modified: 06 Aug 2024 03:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

View Item View Item