Pengaruh Metode Muraja’ah Terhadap Hafalan Al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Al Anwar Talun Berdasarkan observasi awal di MTs Al Anwar Talun

SITI LIKHAYAATI SAICHO, (2024) Pengaruh Metode Muraja’ah Terhadap Hafalan Al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Al Anwar Talun Berdasarkan observasi awal di MTs Al Anwar Talun. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
2008101001_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008101001_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008101001_6_bab5.pdf

Download (696kB)
[img] Text
2008101001_7_dafpus.pdf

Download (824kB)

Abstract

peneliti menemukan metode muraja’ah yang digunakan dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an kurang meningkatkan hasil hafalan Al-Qur’an pada peserta didik. Penerapan metode muraja’ah menjadi kurang efektif dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an. Secara teori ketika penerapan metode muraja’ah dilaksanakan dengan baik, maka hafalan Al-Qur’an akan meningkat dengan baik. Begitu pula sebaliknya, ketika penerapan metode muraja’ah berjalan kurang maksimal, maka hafalan Al-Qur’an tidak akan meningkat secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui penerapan metode muraja’ah pada peserta didik kelas VIII di MTs Al Anwar Talun Cirebon; mengetahui hafalan Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di MTs Al Anwar Talun Cirebon; mengetahui pengaruh metode muraja’ah terhadap hafalan Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di MTs Al Anwar Talun Cirebon. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuisioner, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan metode muraja’ah pada peserta didik kelas VIII di MTs Al Anwar Talun dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 90,15% pada interval 84,01 % - 100%. (2) Setelah diterapkannya metode muraja’ah,hafalan Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di MTs Al Anwar Talun dikategorikan sangat tinggi dengan nilai 89, 55. (3) pengaruh metode muraja’ah terhadap hafalan Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di MTs Al Anwar Talun adalah sebesar 19,3% dan 80,7% lagi ditemukan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Adapun setelah dilakukan uji hipotesis menyatakan bahwa pengaruh meto metode muraja’ah terhadap hafalan Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di MTs Al Anwar Talun adalah signifikan. Kata Kunci : Metode Muraja’ah, Hafalan Al-Qur’an, MTs Al Anwar Talun

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:12
Last Modified: 06 Aug 2024 04:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item