MUHAMMAD MAULANA AHSAN, (2024) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AZZAMINE KARYA SOPHIE AULIA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN NOVEL. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.
Text
1908110079_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908110079_2_bab1.pdf Download (459kB) |
|
Text
1908110079_6_bab5.pdf Download (229kB) |
|
Text
1908110079_7_dafpus.pdf Download (492kB) |
Abstract
Pendidikan karakter di Indonesia mengalami penurunan yang termanifestasi dalam berbagai insiden, seperti perilaku tidak senonoh, konflik di antara pelajar, penyalahgunaan obat terlarang, serta kejadian-kejadian lain yang melibatkan siswa. Hal ini menarik perhatian dan menjadi latar belakang dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel "Azzamine" karya Sophie Aulia dan menciptakan video pembelajaran yang berdasarkan analisis nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut. Tujuannya adalah agar siswa dapat mengenali dan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel tersebut dalam pembelajaran teks novel di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel "Azzamine" karya Sophie Aulia, dengan data berupa kutipan novel yang mengandung nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Kartu data digunakan untuk memudahkan pengorganisasian dan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik padan ortografis dengan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat nilai pendidikan karakter dalam novel Azzamine karya Sophie Aulia yang berjumlah 53 data. Nilai pendidikan karakter tersebut berjumlah 14 nilai yaitu: 1) jujur berjumlah 1 data, 2) religius berjumlah 8 data, 3) disiplin berjumlah 2 data, 4) toleransi berjumlah 1 data, 5) kerja keras berjumlah 1 data, 6) rasa ingin tahu berjumlah 3 data, 7) menghargai prestasi berjumlah 2 data, 8) bersahabat atau komunikatif berjumlah 5 data, 9) cinta damai berjumlah 1 data, 10) peduli sosial berjumlah 5 data, 11) bertanggung jawab berjumlah 1 data, 12) mandiri berjumlah 3 data, 13) demokratis berjumlah 1 data, 14) suka membaca berjumlah 1 data; 2) produk yang dihasilkan dari penelitian ini dikembangkan menjadi video pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar yang membantu siswa dalam mempelajari materi nilai pendidikan karakter pada teks novel. Kata kunci: Nilai pendidikan karakter, novel Azzamine, video pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 05:18 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 05:18 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13980 |
Actions (login required)
View Item |