PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN SUBTITLE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA TUNARUNGU

NILA ROZA, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN SUBTITLE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA TUNARUNGU. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105016_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008105016_2_bab1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
2008105016_6_bab5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
2008105016_7_dafpus.pdf

Download (271kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran video interaktif dengan subtitle pada mata pelajaran matematika bagi siswa tunarungu dilatarbelakangi oleh media pembelajaran matematika yang digunakan di SMPLB Bina Mandiri Ciledug masih menggunakan media cetak, diperlukan adanya inovasi dalam media pembelajaran guna mendukung dan meningkatkan pembelajaran bagi siswa tunarungu. Sehingga siswa tunarungu juga dapat mempelajari materi matematika secara mandiri di luar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa valid, seberapa praktis, dan seberapa efektif media pembelajaran video interaktif dengan subtitle pada mata pelajaran matematika bagi siswa tunarungu. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang melalui lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pada penelitian pengembangan ini menggunakan angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa, penilaian teman sejawat, dan tes soal siswa digunakan untuk uji ketuntasan KKM individual dan klasikal. Hasil validasi ahli materi terhadap media media pembelajaran video interaktif dengan subtitle pada mata pelajaran matematika bagi siswa tunarungu diperoleh skor keseluruhan sebesar 86% termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik” artinya media yang dikembangkan dinyatakan valid. Hasil validasi ahli media media pembelajaran video interaktif dengan subtitle pada mata pelajaran matematika bagi siswa tunarungu memperoleh skor sebesar 83,3% termasuk ke dalam kategori “sangat baik” artinya media yang dikembangkan dinyatakan valid. Selanjutnya hasil angket respon siswa memperoleh skor sebesar 4,7 dan hasil penilaian teman sejawatpun memperoleh skor sebesar 4,7 termasuk ke dalam kategori “sangat baik” artinya media yang dikembangkan dinyatakan praktis dan layak digunakan. Sedangkan hasil dari tes soal siswa melalui uji kentutasan KKM secara individual memperoleh skor sebesar 85,7% termasuk ke dalam kategori “sangat baik” dan uji ketuntasan KKM klasikal memperoleh skor sebesar 100% termasuk dalam kategori “sangat baik” artinya media yang dikembangkan dinyatakan efektif dan layak untuk digunakan. Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Interaktif, ADDIE, dan Matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:16
Last Modified: 07 Aug 2024 02:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14034

Actions (login required)

View Item View Item