EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS KELAS V MI AL-WASHLIYAH PERBUTULAN KABUPATEN CIREBON

FATIMAH ZAHRO, (2024) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS KELAS V MI AL-WASHLIYAH PERBUTULAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908107153_1_cover.pdf

Download (867kB)
[img] Text
1908107153_2_bab1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
1908107153_6_bab5.pdf

Download (161kB)
[img] Text
1908107153_7_dafpus.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada Efektivitas Pengelolaan Kelas terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits. Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh para penanggung kegiatan pembelajaran (Guru/wali kelas) untuk membantu tercapainya kondisi pembelajaran yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V di MI Al�Washliyah (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas V MI Al-Washliyah, (3) Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas V MI Al�Washliyah Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan de�sain peneliian yang digunakan ex-post facto. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data berupa validitas, realibilitas dan hipotesis. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat diketahui bahwa setiap hari sebelum pembelajaran dimulai guru dan siswa bersama-sama membaca do’a, dan dilanjutkan siswa membaca bersama-sama surah-surah pendek dan surah�surah pilihan sesuai materi pembelajaran. Kedua, Hasil belajar siswa kelas V diperoleh melalui tes/ulangan harian semester 2, hasil ulangan tersebut yang diambil oleh peneliti adalah hasil belajar Al-Qur’an Hadits. Hasil belajar Al�Qur’an Hadits ulangan harian pertama berkategori “Sedang” dengan presentase 30,0%. Sedangkan Hasil belajar ulangan harian kedua berkategori “Tinggi” dengan presentase 33,3%. Hal tersebut dibuktikan pada nilai hasil ulangan harian yang diberikan oleh guru pada semester 2. Ketiga, Besar Efektivitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas V sebesar 0,045 dengan memperoleh uji t dilihat bahwa efektivitas Pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits ini dibuktikan dengan nilai p�value (sig.t) > 0,05 yaitu 0,05 > 0,000, dan nilai t hitung > t tabel yaitu 0,308 > 0, Artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian terdapat efektivitas Pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits V di MI Al�Washliyah perbutulan Kabupaten Cirebon. Berdasarkan tabel coefficient diatas juga dapat dilihat dari nilai (costant) = 73.336 nilai B adalah 0,045 (pengelolaan kelas) serta tingkat signifinsinya sebesar 0,760 (pengelolaan kelas). Kata Kunci : Pengelolaan Kelas terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:27
Last Modified: 08 Aug 2024 06:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item