PENGEMBANGAN BUKU CERITA “KAKEK GAJAH SI PAHLAWAN SUPER” BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

ARNETHA AYU GINANTI, (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA “KAKEK GAJAH SI PAHLAWAN SUPER” BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008107033_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107033_2_bab1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
2008107033_6_bab5.pdf

Download (121kB)
[img] Text
2008107033_7_dafpus.pdf

Download (267kB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting diajarkan untuk membangun kemampuan penyelesaian masalah dalam kehidupan. Namun terdapat permasalahan yang dihadapi yaitu kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap perkalian, sehingga diperlukan media pembelajaran baru yang dapat memotivasi dan menjadikan siswa aktif dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar matematika yang layak dan praktis digunakan serta meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan assure yang terdiri dari 6 tahap yaitu analyze, state standars and objectives, select media and materials, utilize media and materials, require learner participation dan evaluate and revise. Subjek dalam penelitian ini yaitu 22 siswa kelas II SDN Tajurbuntu. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, lembar angket kepraktisan dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar sangat layak digunakan sesuai dengan hasil validasi tiga validator dan guru dengan persentase rata-rata ahli materi 76,3%, ahli media 96%, ahli bahasa 86,3% dan guru 93,3%. Kemudian buku cerita bergambar dinyatakan sangat praktis sesuai hasil rata-rata persentase angket respon guru sebesar 93,75% dan rata-rata persentase angket respon siswa sebesar 94,25%. Dan media buku cerita bergambar dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil tes pemahaman konsep yang mendapatkan peningkatan skor rata-rata pretest sebesar 53 dan skor rata-rata postest sebesar 72, N-gain sebesar 0,40 dengan kriteria peningkatan sedang dan hasil uji wilcoxon dengan perolehan nilai 0,000. Dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar matematika ini dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa. Kata Kunci : Buku Cerita Bergambar, Konsep Perkalian, Siswa Sekolah Dasar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:51
Last Modified: 08 Aug 2024 06:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14120

Actions (login required)

View Item View Item