Pengaruh Evaluasi Proses Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 12 Kota Cirebon

Mohammad Lutfi Sahidallah, (2024) Pengaruh Evaluasi Proses Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1908104138_1_cover.pdf

Download (787kB)
[img] Text
1908104138_2_bab1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
1908104138_6_bab5.pdf

Download (220kB)
[img] Text
1908104138_7_dafpus.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya evaluasi belajar siswa, karena guru hanya menuntut agar siswanya menerima semua materi yang disampaikan dan berhasil dalam ujian tanpa memperhatikan sisi lain kebutuhan siswa. Maka dari itu untuk mengaktualisasi diri mengembangkan semua potensi yang dimiliki.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh evaluasi proses belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPS, mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan motivasi belajar siswa, dan mengetahui seberapa besar pengaruh evaluasi proses belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Evaluasi pembelajaran kegiatannya termasuk kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Bagi seorang guru, karena evaluasi pembelajaran merupakan media yang tidak terpisahkan dari kegiatan mengajar, karena melalui kegiatan evaluasi seorang guru akan mendapatkan informasi tentang pencapaian hasil belajar. Disamping itu, dengan evaluasi seorang guru akan mendapatkan informasi tentang materi yang telah disampaikan, apakah dapat diterima siswanya atau tidak. Tujuan penelitian ini agar dapat membantu siswa yang kurang respon terhadap proses belajar ilmu pengetahuan sosial yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran berlangsung, kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat yang mengakibatkan siswa cenderung bosan terhadap pembelajaran IPS dikarenakan guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) dan penugasan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental jenis one group pretest�posttest menggunakan ulangan harian. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan angket, tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 366 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu kelas VII B sebanyak 34 siswa. penyebaran angket dan membagikan soal ulangan harian, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh evaluasi prose belajar terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rekapitulasi hasil evaluasi proses belajar siswa menggunakan soal ulangan harian sebesar 58,24%. dengan kategori Cukup. Sedangkan hasil dari motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata 78,9 berada pada rentang 75 – 90 dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil dari uji korelasi antara variabel X dan Y adalah sebesar 0,576, dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P.sig<0,005. Berdasarkan hasil uji hipotesis regresi diperoleh

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 02:36
Last Modified: 11 Aug 2024 02:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14223

Actions (login required)

View Item View Item