Implementasi Edupreneurship Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Mahasiswa (Studi Kasus di Jurusan Tadris IPS)

Fathimah Azzahro, (2024) Implementasi Edupreneurship Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Mahasiswa (Studi Kasus di Jurusan Tadris IPS). Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1908104154_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908104154_2_bab1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
1908104154_6_bab5.pdf

Download (147kB)
[img] Text
1908104154_7_dafpus.pdf

Download (286kB)

Abstract

Visioner bisnis atau wirausaha di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain, kurangnya keterampilan dan minat terhadap wirausaha konon menjadi salah satu penyebab tingginya pengangguran pendidikan di Indonesia. Pendidikan kewirausahaan tidak hanya memberikan landasan teoritis mengenai konsep kewirausahaan tetapi membentuk sikap, perilaku, dan pola pikir (mindset) seorang wirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) Implementasi edupreneurship dalam peningkatan motivasi dan keterampilan berwirausaha mahasiswa Tadris IPS, (2) Strategi peningkatan motivasi dan keterampilan berwirausaha yang dilakukan mahasiswa Tadris IPS, (3) Faktor pendukung dan penghambat mahasiswa Tadris IPS dalam melakukan peningkatan motivasi dan keterampilan berwirausaha. Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar dan jelas harus dilakukan bagi manusia secara subtansial. Edupreneurship merupakan suatu metodologi melalui situasi pembelajaran yang dapat meremajakan pemikiran rintisan mahasiswa. Pendidikan bisnis adalah suatu upaya untuk mendidik seseorang agar dapat menghasilkan suatu barang. maka hakikat wirausaha adalah kemampuan untuk membuat sesuatu yang lain atau baru melalui perenungan imajinatif dengan kegiatan inventif untuk membuka pintu-pintu. Awal mula interaksi imajinatif dan inventif adalah berkembangnya pemikiran dan pertimbangan untuk menjadikan sesuatu yang baru dan unik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomologi. Maksudnya penelitian ini menggali dan menangkap kesamaan peristiwa dan gejala atau fenomena alamiah yang dijumpai di lapangan, Penelitian ini adalah kualitatif dimana secara umum digunakan untuk mengkaji suatu fenomena secara holistic dan mendalam di mana data yang diperoleh berupa deskriptif sehingga memerlukan analisis secara induktif agar dapat menemukan makna sesungguhnya dari fenomena yang diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah (1) motivasi dan keterampilan berwirausaha yang fokus pada penerapan dan kreasi dengan memberikan konsep yang inovatif, kreatif, menggunakan metode dan memberikan konsep praktek dengan baik sehingga dapat menumbuhkan minat serta semangat berwirausaha. (2) strategi yang dilakukan oleh mahasiswa untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan adalah dengan mengingat motivasi yang sudah didapat, menjaga kemampuan dan potensi yang dimiliki, fokus, selalu inspiratif, konsisten dan mampu berinovasi. (3) faktor yang menjadi pendukung mahasiswa adalah lingkungan yang subjektif seperti orang tua, teman, fasilitas, modal, kreativitas, serta profesinalisme. Dengan mengatasi hambatan yaitu mengatur ulang strategi dalam berbisnis. Kata kunci: Edupreneurship, Motivasi, dan Keterampilan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 02:49
Last Modified: 11 Aug 2024 02:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item View Item