IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROYEK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTS ASH SHIDDIQIYYAH KABUPATEN CIREBON

Wildan Sayuthi Mahatma, (2024) IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROYEK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTS ASH SHIDDIQIYYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008104052_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008104052_2_bab1.pdf

Download (594kB)
[img] Text
2008104052_6_bab5.pdf

Download (353kB)
[img] Text
2008104052_7_dafpus.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan karena untuk memperbaiki hasil penilaiam berbasis proyek pada mata pelajaran IPS. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model penilaian berbasis proyek dalam pembelajaran IPS melalui penerapan berbagai model pembelajaran inovatif dan kreatif. Penilaian proyek merupakan bentuk penilaian dimana siswa diberikan tugas secara berkelompok. Mengingat tugas proyek akademik merupakan tugas yang berhubungan dengan konteks dunia nyata, sehingga tugas tersebut dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perencanaan, bentuk pengimplementasian penilaian pembelajaran IPS berbasis proyek, faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian penilaian pembelajaran IPS berbasis proyek pada kurikulum merdeka belajar di MTs Ash Shiddiqiyyah Kabupaten Cirebon. Penilaian berbasis proyek tidak hanya mengukur keberhasilan hasil peserta didik, tetapi juga mengukur proses pembelajaran. Pengukuran dalam penilaian berbasis proyek diutamakan pada pengukuran kinerja peserta didik melalui penampilan dan pendemonstrasi pengetahuan dan keterampilan dengan mengkreasikan jawaban. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 60 siswa dengan sampel penelitian totalitas sebanyak 60 siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Kemudian dalam tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reabilitas dan uji prosentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk perencanaan penilaian pembelajaran IPS berbasis proyek diketahui berdasarkan angket yang telah disebar hasil rekapitukasi angket secara keseluruhan menunjukan prosentase sebesar 95,3% dengan skala presentase 75-100%, artinya dikategorikan “Baik”. Bentuk impelentasi penilaian pembelajaran IPS berbasis proyek dapat diketahui berdasarkan angket yang telah disebar kepada 60 responden. Hasil rekapitulasi angket secara keseluruhan menunjukan prosentase sebesar 77,6% dengan skala presentase 75-100%, artinya dikategorikan “Baik”. Terdapat faktor pendukung yang cukup kuat terhadap pelaksanaan penilaian berbasis proyek , hasil penyebaran angket mengenai faktor pendukung pengimpelentasian penilaian berbasis proyek memperoleh presentase sebesar 76,8% dengan kategori “Baik” dengan rentang 75-100%. Terdapat faktor penghambat yang cukup kuat terhadap pelaksanaan penilaian berbasis proyek , hasil penyebaran angket mengenai faktor penghambat pengimpelentasian penilaian berbasis proyek memperoleh presentase sebesar 77,4% dengan kategori “Baik” dengan rentang 75-100%. Kata Kunci : Impelentasi, Penilaian, Pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 04:44
Last Modified: 11 Aug 2024 04:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item